Kompas.com - 26/12/2021, 18:33 WIB


JAKARTA, KOMPAS.com - Pencurian kendaraan bermotor semakin marak terjadi belakangan ini. Para penjahat bahkan tak butuh waktu lama untuk melancarkan aksinya dan membawa kabur sepeda motor korban.

Namun, ternyata tak semua aksi pencurian sepeda motor berjalan mulus. Seperti misalnya yang terjadi terhadap pelaku percurian sepeda motor di Jalan T Amir Hamzah, Medan.

Dalam video yang diunggah oleh akun Instagram Medanku, Minggu (26/12/2021), terlihat pelaku mengalami kesulitan saat mencoba melarikan sepeda motor korban. Hal ini lantaran sepeda motor tersebut menggunakan kunci ganda.

Baca juga: Mulai Hari Ini, Tarif Tol Jakarta-Tangerang Resmi Naik

“Terjadi percobaan pencurian sepeda motor saya, tapi karena cakram depan saya kunci ganda, tidak bisa di bawa pergi. Hati-hati untuk semuanya, tetap kunci ganda dimanapun berada,” tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

Technical Service Division Astra Honda Motor (AHM) Endro Sutarno, mengatakan kunci pengaman sebenarnya bukan sebagai anti maling. Semua peralatan tersebut hanya untuk mempersulit, memperlambat atau bahkan mengurungkan niat pencuri.

“Karena akan memakan waktu yang cukup lama untuk mengambil motor, kemungkinan bisa gagal saat menjalankan aksinya karena sudah keburu kepergok orang lain,” ujar Endro kepada Kompas.com.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Medan KU ( Medan Talk ) (@medanku)

Untuk itu, sebaiknya pemilik sepeda motor mengetahui beberapa jenis kunci pengaman beserta kelebihan dan kekurangannya:

1. Kunci Pengaman di Tuas Rem

Kunci pengaman ini bekerja dengan cara mengunci tuas rem dan tuas gas agar tidak bisa digunakan. Jadi, meskipun kunci setang bisa diakali dan motor bisa dihidupkan, tetap tidak bisa dijalankan karena tuas gas terkunci.

Kekurangan dari kunci pengaman model tersebut adalah material besi yang digunakan kurang baik. Mekanisme di dalam lubang kunci mudah rusak, selain itu ukurannya juga cukup besar.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.