Deretan Mobil yang Disuntik Mati di Indonesia Sepanjang 2021

Kompas.com - 25/12/2021, 17:02 WIB
Isuzu Panther Grand Touring dan MU-X KOMPAS.com/FATHAN RADITYASANIIsuzu Panther Grand Touring dan MU-X

JAKARTA, KOMPAS.com - Banyak mobil baru yang bermunculan dan dipasarkan di Indonesia sepanjang 2021 ini. Namun, tak sedikit juga yang harus menerima takdir untuk disetop produksinya.

Menurut catatan Kompas.com, sepanjang 2021 ini setidaknya ada 7 model dari beberapa pabrikan yang disuntik mati. Alasannya pun beragam, mulai dari ketidaksesuaian dengan regulasi hingga penjualan yang terus menurun.

Berikut ini daftar 7 mobil yang disuntik mati sepanjang 2021:
1. Mitsubishi Outlander Sport

Mitsubishi Outlander Sport 2020dok.Mitsubishi Mitsubishi Outlander Sport 2020

Pada Februari 2021, Deputy Group Head Planning & Communication PT Misubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Intan Vidiasari, mengatakan, unit Outlander Sport memang sudah habis terjual.

"Sudah habis unitnya, dan kami memang sudah tidak produksi lagi," tulis Intan, dalam pesan singkatnya kepada Kompas.com, Jumat (5/2/2021).

Intan menambahkan, untuk sementara ini belum ada calon pengganti untuk Outlander Sport. Namun, tidak bisa diprediksi bagaimana ke depannya.

Baca juga: Hilang dari Situs Resmi, Mitsubishi Setop Produksi Outlander Sport

2. Isuzu Panther

Isuzu Panther resmi berhenti produksi. Kompas.com mendapat kesempatan untuk mencoba terakhir kaliKompas.com/Setyo Adi Isuzu Panther resmi berhenti produksi. Kompas.com mendapat kesempatan untuk mencoba terakhir kali

PT Isuzu Astra Motor Indonesia (IAMI) resmi menghentikan produksi Panther pada Februari 2021. Panther sendiri telah dipasarkan di Indonesia sejak 1991.

Alasan mobil ini dihentikan produksinya dikarenakan perkembangan bisnis perseroan yang kembali berfokus pada sektor komersial dan efisiensi. Selain itu, pemerintah juga mengimplementasikan standar emisi Euro 4.

Sementara Panther yang menggunakan mesin diesel, tidak dapat memenuhi standar emisi Euro 4 yang bakal diterapkan pada 2022 mendatang.

Baca juga: Sayonara, Isuzu Panther Resmi Pensiun

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.