Kompas.com - 26/12/2021, 19:01 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Musim penghujan membuat beberapa hewan tertentu mencari kehangatan untuk tinggal. Salah satu tempat yang kerap disinggahi ialah kolong mobil karena cukup hangat.

Sehingga, para pemilik atau pengendara perlu waspada dan melaksanakan beberapa aktivitas tambahan agar mengusirnya.

Jangan sampai terbawa ketika berkendara karena menyebabkan masalah lain, terutama apabila itu adalah hewan peliharaan.

Dani Muhammad Sidik, Kepala Bengkel Auto2000 Indramayu, Jawa Barat mengatakan bahwa kehadiran binatang peliharaan yang tidur di kolong mobil perlu dikhawatirkan.

Baca juga: Bakal Difungsikan Selama Nataru 2022, Ini Cara Kerja ETLE Mobile

Ilustrasi anjing dan kucing. SHUTTERSTOCK Ilustrasi anjing dan kucing.

"Selain berpotensi mencedarai atau melukai hewan tersebut, binatang peliharaan dapat mengundang semut atau tikus akibat sisa bekas makanan yang ditinggalkannya," ujar dia, Sabtu (25/12/2021).

Setidaknya ada tiga hal yang perlu pengendara lakukan agar tak terjadi hal yang tak diinginkan dari kehadiran binatang peliharaan di kolong, yakni;

1. Selalu rutin cek kendaraan atau mengetuk kap mesin agar hewan keluar dari kolong kendaraan,

2. Menjaga kebersihan kolong kendaraan, dan

3. Menghindari binatang peliharaan dari kebiasaan tidur di kolong mobil.

Baca juga: Masa Berlaku SIM Habis Saat LIbur Natal, Ada Dispensasi Hari Senin

Mobil parkir di trotoar Jalan KH Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/9/2017)Arimbi Ramadhiani Mobil parkir di trotoar Jalan KH Wahid Hasyim, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat (15/9/2017)

Seperti yang diungkap di atas tadi, dampak dari binatang peliharaan yang kerap tidur atau bermain di kolong mobil yang hangat bisa merembet ke mobil itu sendiri.

"Kucing atau anjing yang tidur di kolong mobil bisa saja membawa bekas makanan, hal ini dapat mengundang tikus, semut dan lainnya yang dapat merusak part atau mengigit kabel," tutur Dani.

Jangan sampai hal buruk terjadi karena menganggap sepele kebiasaan hewan peliharaan yang kerap tidur di mobil. Hal yang terburuk, hewan bisa terluka ketika pengemudi tak sadar kehadirannya di kolong namun mobil tetap dinyalakan dan dijalankan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.