Daftar Rest Area Tol dengan Fasilitas Kesehatan Selama Libur Nataru

Kompas.com - 26/12/2021, 15:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna meningkatkan pelayanan kepada pengguna jalan tol, PT Jasa Marga dan PT Jasa Raharja bekerjasama melalui pendirian Posko Siaga Layanan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di sejumlah rest area jalan tol Jasa Marga Group.

Di Posko Siaga ini, layanan yang diberikan berupa pengecekan kesehatan dalam bentuk cek tensi darah dan penyediaan obat-obatan ringan. Ada pula pengecekan tekanan ban kendaraan dan pengisian nitrogen gratis.

Selain itu, disediakan 6.000 goodie bag berisi makanan ringan sebagai antisipasi jika pengguna jalan tol menghadapi kemacetan akibat lonjakan arus lalu lintas selama masa Libur Nataru.

Baca juga: Motor Listrik Ovaobike CT-X, Tenaganya Saingi Nmax

Posko Siaga Layanan Nataru hasil kolaborasi Jasa Marga dan Jasa Raharja ini membuka layanan sejak Kamis (23/12/2021) kemarin hingga 2 Januari 2022 besok.

"Melalui kerja sama dengan Jasa Raharja ini, diharapkan pelayanan yang diberikan oleh Jasa Marga di jalan tol dan rest area dapat terus ditingkatkan," ujar Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga Dwimawan Heru dalam keterangan resminya, Minggu (26/12/2021).

Jalan tol Cipularang dan PadaleunyiDok. Jasa Marga Jalan tol Cipularang dan Padaleunyi

Adapun hingga akhir November 2021, Jasa Marga mencatat penyebab kecelakaan di jalan tol yang dikelola Jasa Marga Group sepanjang 2021, sebanyak 82 persen adalah faktor pengemudi. Disusul 17 persen adalah faktor kendaraan, dan 1 persen sisanya merupakan faktor jalan serta lingkungan.

Baca juga: Intip Garasi Motor Tua Milik Kolektor Asal Sukoharjo

Faktor pengemudi yang bisa menyebabkan kecelakaan dalam tol didominasi oleh kurangnya antisipasi dengan jumlah kasus 52 persen, lalu akibat mengantuk sebanyak 45 persen.

Hal tersebut yang menjadi salah satu dasar sikap kolaborasi antara Jasa Marga dengan Jasa Raharja dalam memberikan pelayanan kesehatan sekaligus cek ban kendaraan, demi menekan angka kecelakaan.

Lebih detail, Posko Siaga yang sudah disiapkan berada di rest area berikut ini.

  • Km 57 A Tol Jakarta-Cikampek
  • Km 62 B Tol Jakarta-Cikampek
  • Km 88 B Tol Cipularang
  • Km 207 A Tol Palimanan-Kanci
  • Km 208 B Tol Palimanan-Kanci
  • Km 147 A Tol Padaleunyi
  • Km 519 A Tol Solo-Ngawi
  • Km 519 B Tol Solo-Ngawi
  • Km 66 A Tol Pandaan-Malang
  • Km 66 B Tol Pandaan-Malang
Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.