Intip Garasi Motor Tua Milik Kolektor Asal Sukoharjo

Kompas.com - 25/12/2021, 15:22 WIB
Koleksi motor milik Sakriantoro pengusaha asal Sukoharjo Arif NugrahadiKoleksi motor milik Sakriantoro pengusaha asal Sukoharjo

SUKOHARJO, KOMPAS.com - Mengembalikan kondisi sepeda motor seperti sedia kala atau restorasi merupakan salah satu upaya yang kerap dilakukan pecinta roda dua agar tunggangannya tetap menarik.

Biasanya, langkah tersebut dilakukan pada motor yang sudah berusia tua atau tak diproduksi di Indonesia lagi. Alasannya beragam, mulai dari ingin melestarikan sejarah sampai bernostalgia.

Baca juga: Harga Tiket Layanan Baru PO NPM Sutan Class, Ini Fasilitasnya

Seperti yang dilakukan oleh salah satu pengusaha di Sukoharjo, Jawa Tengah, Sakriantoro yang hobi mengoleksi motor lama dan merestorasinya.

Dari hobinya ini, Sakriantoro kini sudah mengumpulkan ratusan unit kendaraan dengan berbagai model.

"Ya karna memang awalnya saya itu suka sama motor, kalau pabrik mengeluarkan model baru dan saya suka, ya saya beli," kata pria yang kerap disapa Sakri kepada Kompas.com, Kamis (23/12/2021).

Koleksi motor Sariantoro, seorang pengusaha asal Sukoharjo, Jawa TengahArif Nugrahadi Koleksi motor Sariantoro, seorang pengusaha asal Sukoharjo, Jawa Tengah

Namun untuk membeli sepeda motor, Sakri lebih mengutamakan untuk membeli jenis motor dengan warna yang unik atau limited edition. Hal inilah yang membuatnya memiliki banyak motor dengan warna dan model rare yang tidak dimiliki banyak orang.

"Memang dulunya hobi ngumpulin motor, mulai habis sekolah itu. Awalnya itu CBR old, terus Tiara 125Z. Ya memang basic-nya saya suka motor," ucap Sakri.

Baca juga: Tak Ada Sanksi Tilang Selama Operasi Lilin 2021

"Setelah punya CBR old dan lain sebagainya itu, aku mau ngumpulin Suzuki, apapun. Dari Suzuki FR, RC, sampai Shogun dan sampai yang terakhir saya harus punya," imbuhnya.

Bahkan untuk Suzuki RC dari 1983-2003, Sakri memiliki koleksi lengkap dengan beberapa warna yang dikeluarkan saat itu. Biasanya Sakri membeli sepeda motor incarannya melalui pemilik langsung.

Koleksi motor milik Sakriantoro seorang pegusaha asal Sukoharjo Jawa TengahArif Nugrahadi Koleksi motor milik Sakriantoro seorang pegusaha asal Sukoharjo Jawa Tengah

Kemudian setelah mendapat barang direkondisikan sendiri sehingga menyerupai atau sesuai dengan desain barunya ketika keluar dari diler. Bahkan ia membuka bengkel sendiri untuk melakukan restorasi motor agar sesuai dengan keinginannya.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.