Polda Metro Jaya Prediksi Tidak Ada Kepadatan di Tol Selama Nataru 2022

Kompas.com - 26/12/2021, 14:21 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya melaporkan tidak ada kepadatan lalu lintas di ruas tol Jakarta dan sekitarnya selama perayaan Natal 2021 akibat melonjaknya mobilitas masyarakat.

Kondisi tersebut diprediksi akan terus berlangsung hingga tahun baru 2022 mendatang walau secara volume, terjadi penambahan sampai sekitar 15 persen dari keadaan normal.

"Suasana tol masih landai, tidak ada kenaikan berarti. Kenaikan paling 10 sampai 13 persen dari arus normal, tidak ada kepadatan," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, Sabtu (25/12/2021).

Baca juga: ETLE Mobile Bakal Difungsikan Selama Nataru, Ini Sasaran Pelanggarannya

Kepadatan lalu lintas di Tol CikampekKOMPAS.com Kepadatan lalu lintas di Tol Cikampek

Hal itu diketahui setelah pihaknya sudah melakukan pemantauan di Tol Tangerang-Merak, Tol Bogor-Ciawi-Cigombong, Tol Cikampek-Palimanan-Kanci, dan Tol Cikampek-Padalarang-Cileunyi.

Menurut Sambodo. kepadatan lalu lintas hanya sempat terjadi di Tol KM 48 Gerbang Tol Kalihurip Utama arah Tol Trans Jawa dan Bandung karena ada gangguan teknis.

"Kepadatan bukan karena kenaikan volume kendaraan tapi dikarenakan gangguan. Di Tol Jagorawi arah Puncak terpantau masih sepi sampai hari H Natal," ujar dia.

Sambodo memprediksi situasi lalu lintas akan landai hingga hari raya tahun baru 1 Januari 2022. Namun, Ditlantas Polda Metro Jaya tetap memantau dan mengamankan arus balik Nataru.

Dalam pemantauan lalu lintas selama Nataru 2022 ini, Polda Metro Jaya bersama Kodam dan Pemprov DKI menggelar Operasi Lilin selama 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

Baca juga: Ada Pengalihan Arus Lalu Lintas di Puncak Bogor Saat Malam Tahun Baru

Gelar pasukan Operasi Lilin Semeru jelang perayaan Natal dan tahun baru, di halaman parkir Pelabuhan ASDP Ketapang, Kamis (23/12/2021).KOMPAS.COM/AHMAD SU'UDI Gelar pasukan Operasi Lilin Semeru jelang perayaan Natal dan tahun baru, di halaman parkir Pelabuhan ASDP Ketapang, Kamis (23/12/2021).

Operasi Lilin Jaya diperkuat 8.000 personel gabungan dari Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan Pemprov DKI Jakarta.

Sebanyak 900 personel di antaranya adalah polisi lalu lintas yang bertugas menjaga kelancaran arus lalu lintas selama Operasi Lilin Jaya 2021.

Selain melakukan mengawal kelancaran lalu lintas, Operasi Lilin Jaya juga bertugas mengawal dan menjamin keamanan perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, khususnya pada protokol kesehatan Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.