Malam Tahun Baru, Ada Crowd Free Night 73 Titik di Jakarta

Kompas.com - 22/12/2021, 07:02 WIB
Petugas kepolisian dan Satpol PP meminta pengendara memutar arah saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan)  dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jalan MH Thamrin, Jakarta (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga. ANTARA FOTO/HAFIDZ MUBARAK APetugas kepolisian dan Satpol PP meminta pengendara memutar arah saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan) dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jalan MH Thamrin, Jakarta (31/12/2020). Polda Metro Jaya melakukan Car Free Night dan Crowd Free Night dengan menutup sepanjang Jalan Sudirman-MH Thamrin, Jakarta pada malam pergantian tahun untuk mencegah kerumunan warga.

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mencegah kerumunan masyarakat pada malam tahun baru 2022, Polda Metro Jaya berencana akan melakukan pembatasan mobilitas kendaraan dan pejalan kaki dengan memberlakukan crowd free night (CFN).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan, ada 73 titik di wilayah DKI Jakarta yang akan diberlakukan CFN pada 31 Desember 2021.

“Untuk pengamanan malam tahun baru itu akan diberlakukan crowd free night. Ada 73 titik yang akan diberlakukan di Jakarta,” ucap Zulpan kepada wartawan, Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Sambil Menunggu Bantuan, Lakukan ini Jika Mobil Terendam Banjir

Menurut Zulpan, 73 titik CFN tersebut tersebar di enam lokasi yang menjadi titik rawan terjadinya kerumunan masa, di antaranya Jalan Sudirman-Thamrin, Jalan Asia Afrika, kawasan Monas, Kemang, Dharmawangsa, Senopati, dan Jalan Pangeran Antasari, serta wilayah Kanal Banjir Timur.

Adapun pemberlakuan CFN pada malam pergantian tahun baru 2022 merupakan bagian dari Operasi Lalin Jaya 2021 di wilayah DKI Jakarta.

Warga beraktivitas di kawasan Sudirman saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan) dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jakarta, Kamis (31/12/2020). Malam pergantian tahun 2020-2021 di Ibu Kota berlangsung sepi dan tak semeriah tahun-tahun sebelumnya karena adanya aturan pembatasan kerumunan menyusul pandemi Covid-19 yang masih terjadi.ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA Warga beraktivitas di kawasan Sudirman saat diberlakukannya Car Free Night (malam bebas kendaraan) dan Crowd Free Night (malam bebas keramaian) pada malam pergantian tahun di Jakarta, Kamis (31/12/2020). Malam pergantian tahun 2020-2021 di Ibu Kota berlangsung sepi dan tak semeriah tahun-tahun sebelumnya karena adanya aturan pembatasan kerumunan menyusul pandemi Covid-19 yang masih terjadi.

Setidaknya terdapat 8.000 personel yang terdiri dari Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan dikerahkan untuk melakukan pengamanan mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

“Kekuatan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya dan Pemda DKI jumlah kekuatan seluruhnya berjumlah 8.000 personel,” kata Zulpan.

Baca juga: Motor Listrik Ducati Untuk MotoE Mulai Dites di Sirkuit Misano

Kegiatan ini juga mengedepankan protokol kesehatan sesuai dengan leveling PPKM yang berlaku di DKI Jakarta.

Dengan adanya pemberlakuan CFN pada saat malam tahun baru nanti, diharapkan seluruh jalanan di Jakarta akan sepi dari kegiatan dan mengurangi potensi lonjakan kasus Covid-19.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.