Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 21/12/2021, 18:12 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) mencatatkan pertumbuhan penjualan positif hingga 84 persen sepanjang Januari-November 2021 dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

Tingkat pertumbuhan terkait, lebih tinggi dari kenaikan penjualan nasional yang mencapai 66,5 persen year-on-year (yoy) yaitu 790.524 unit secara wholesales. Hampir mendekati target tahunan dari asosiasi, 850.000 unit.

"Pasar otomotif pada 2021 cukup naik dibandingkan tahun lalu. Toyota di periode sama penjualannya sudah mencapai sekitar 263.000 unit, naik 84 persen dibanding tahun lalu," kata Direktur Pemasaran TAM Anton Jimmi Suwandy dalam konferensi virtual, Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Korelasi Menggoyangkan Mobil Saat Isi BBM di SPBU dengan Kebakaran

Toyota Avanza generasi ketigaDok. TAM Toyota Avanza generasi ketiga

"Growth tersebut lebih tinggi dari pertumbuhan pasar. Market share-nya sendiri, mencapai 33 persen," lanjut dia.

Atas capaian itu pula, Toyota Indonesia berhasil menjaga penguasaan di pasar otomotif nasional. Kemudian menempel di bawahnya, ada Daihatsu Indonesia sebagai sister company.

Adapun model kendaraan yang terlaris sepanjang tahun, Anton menyebut cukup variatif. Tetapi ia merasa bahwa mobil keluarga 7-penumpang masih menjadi pilihan utama warga Indonesia.

"Cukup variatif, salah satunya Toyota Avanza. Kemudian ada Toyota Rush, Toyota Kijang Innova, LCGC, Raize, jadi ada beberapa model yang cukup diterima baik oleh pasar. Termasuk, Avanza dan Veloz baru," kata Anton.

Baca juga: Cara Perusahaan Pembiayaan Gaet Konsumen Kredit Mobil

Menurut Anton, tahun depan tren kendaraan 7-penumpang bakal tetap jadi yang terlaris baik untuk segmen Multi Purpose Vehicle (MPV) maupun Sport Utility Vehicle (SUV).

"Kita harapkan juga tren kendaraan ramah lingkungan bisa meningkat," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com