Proyeksi Toyota Soal Pasar dan Tren Mobil pada 2022

Kompas.com - 22/12/2021, 09:02 WIB
Toyota All New Avanza KOMPAS.com/STANLY RAVELToyota All New Avanza

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Toyota Astra Motor (TAM) memprediksi pasar otomotif pada 2022 bakal lebih baik. Hal tersebut terindikasi dari pencapaian yang sudah mulai mengalami peningkatan signifikan pada tahun ini.

Anton Jimmi Suwandy, Direktur Pemasaran TAM mengatakan, melihat pencapaian penjualan wholesales Januari sampai November yang sudah mendekati 800.000 unit, dipastikan sampai akhir tahun bisa di atas 850.000 unit.

"Dengan adanya pencapaian tersebut, mudah-mudahan tahun depan kondisi ekonomi dan pandemi sudah lebih stabil, jadi kami harapkan market bisa berada di atas 900.000-an unit. Pastinya untuk Toyota sendiri kita ingin mencapai tetap posisi nomor satu dengan market share 33 persen," ucap Anton dalam acara media gathering secara virtual, Selasa (21/12/2021).

Baca juga: Viral, Video Wanita Bongkar Kecurangan Petugas SPBU di Bintaro

Smentara ketika ditanya soal tren pasar di tahun depan, secara model Anton memperkirakan segmen mobil tujuh penumpang masih akan digemari, baik yang bergenre sport utility vehicle (SUV) atau multi purpose vehicle (MPV).

Banyak orang penasaran dengan Veloz terbaru di booth Toyota pada GIIAS 2021.Dok. TAM Banyak orang penasaran dengan Veloz terbaru di booth Toyota pada GIIAS 2021.

Tak hanya itu, Anton juga berharap bakal ada peningkatan secara tren untuk mobil-mobil ramah lingkungan. Apalagi, tahun depan Toyota akan meluncurkan beberapa produk baru.

"Ditunggu saja, nanti produk-produk yang kita luncurkan juga akan makin bervariasi termasuk produk yang ramah lingkungan," ucap Anton.

Bicara soal pasar di 2021, Anton mengklaim mengalami peningkatan drastis dibanding tahun sebelumny. Kondisi tersebut tak lepas dari peran relaksasi PPnBM. 

Baca juga: Lebih Baik Isi BBM Berdasarkan Liter atau Nominal Rupiah?

Dibanding 2020, pencapaian wholesales market nasional tahun ini sampai November sudah naik 66,5 persen dengan jumlah 790.000 unit. Untuk Toyota sendiri, pada periode yang sama telah mengantongi 263.000-an unit dengan market share 33 persen.

Toyota Prius PHEV resmi jadi Taksi BluebirdKOMPAS.com/STANLY RAVEL Toyota Prius PHEV resmi jadi Taksi Bluebird

"Growth kita lebih tinggi dari market, kira-kira mencapai 84,5 persen dibandingkan Januari sampai November 2020. Untuk model yang menjadi kontribusi cukup bervariasi, tapi volume terbesar salah satunya masih Avanza, lalu Rush, Innova, Raize, dan LCGC," kata Anton.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.