Sambil Menunggu Bantuan, Lakukan ini Jika Mobil Terendam Banjir

Kompas.com - 21/12/2021, 18:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, sebagian wilayah di Jakarta dilanda banjir setelah mengalami hujan deras. Kondisi ini membuat beberapa mobil yang berada di rumah ikut terendam.

Sayangnya, banyak yang belum paham bagaimana cara menghadapi situasi dan kondisi tersebut. Saat mobil terendam banjir atau genangan air yang cukup tinggi, cara paling aman adalah meminta evakuasi atau diderek ke bengkel.

Namun, bukan berarti pemilik kendaraan hanya bisa berpangku tangan menunggu mobil derek. Ada beberapa hal atau pertolongan pertama yang bisa dilakukan sendiri.

Baca juga: Jangan Modal Nekat, Simak Batas Ketinggian Mobil Bisa Menerjang Banjir

CEO Makko Group Christopher Sabastian mengatakan, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah mencabut kelistrikan mobil dan evakuasi tanpa menyalakan mesinnya.

Sebuah mobil terendam banjir di halaman rumah penduduk di Tanjung Puri, Sintang, Kalimantan Barat, Minggu (14/11/2021). BPBD Kabupaten Sintang menyatakan sebanyak 12 kecamatan di kabupaten setempat terdampak banjir yang disebabkan meluapnya debit air Sungai Kapuas dan Sungai Melawi di wilayah setempat.ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSA Sebuah mobil terendam banjir di halaman rumah penduduk di Tanjung Puri, Sintang, Kalimantan Barat, Minggu (14/11/2021). BPBD Kabupaten Sintang menyatakan sebanyak 12 kecamatan di kabupaten setempat terdampak banjir yang disebabkan meluapnya debit air Sungai Kapuas dan Sungai Melawi di wilayah setempat.

"Bila interior sudah terendam air, jok sampai kacanya, jangan diapa-apakan dahulu. Paling karpetnya saja yang bisa dilepas sendiri dan bersihkan sampah yang ikut masuk," kata Christopher, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, jika masih ada air yang menggenang, segera kuras sampai kering. Christopher mengatakan, membersihkannya bisa menggunakan microfiber. Semua itu dilakukan dalam keadaan mobil diam, jangan dinyalakan.

Baca juga: Sejauh Mana Mobil Listrik Bisa Terabas Banjir

Selain itu, Ario Hadi, Operator Manager Autospa Bekasi, mengatakan, kerusakan dapat terjadi jika melakukan pembersihan interior tanpa berhati-hati.

"Busa jok bisa ikutan rembes, interior jadi lecet halus dan tidak bisa hilang, dan sebagainya. Masalah elektrik juga bisa terjadi karena kabel tidak dibersihkan dengan benar. Lebih baik serahkan bagian itu kepada ahlinya," ujar Ario.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.