Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sambil Menunggu Bantuan, Lakukan ini Jika Mobil Terendam Banjir

Kompas.com - 21/12/2021, 18:50 WIB
Donny Dwisatryo Priyantoro,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Belum lama ini, sebagian wilayah di Jakarta dilanda banjir setelah mengalami hujan deras. Kondisi ini membuat beberapa mobil yang berada di rumah ikut terendam.

Sayangnya, banyak yang belum paham bagaimana cara menghadapi situasi dan kondisi tersebut. Saat mobil terendam banjir atau genangan air yang cukup tinggi, cara paling aman adalah meminta evakuasi atau diderek ke bengkel.

Namun, bukan berarti pemilik kendaraan hanya bisa berpangku tangan menunggu mobil derek. Ada beberapa hal atau pertolongan pertama yang bisa dilakukan sendiri.

Baca juga: Jangan Modal Nekat, Simak Batas Ketinggian Mobil Bisa Menerjang Banjir

CEO Makko Group Christopher Sabastian mengatakan, pertolongan pertama yang bisa dilakukan adalah mencabut kelistrikan mobil dan evakuasi tanpa menyalakan mesinnya.

Sebuah mobil terendam banjir di halaman rumah penduduk di Tanjung Puri, Sintang, Kalimantan Barat, Minggu (14/11/2021). BPBD Kabupaten Sintang menyatakan sebanyak 12 kecamatan di kabupaten setempat terdampak banjir yang disebabkan meluapnya debit air Sungai Kapuas dan Sungai Melawi di wilayah setempat.ANTARA FOTO/JESSICA HELENA WUYSA Sebuah mobil terendam banjir di halaman rumah penduduk di Tanjung Puri, Sintang, Kalimantan Barat, Minggu (14/11/2021). BPBD Kabupaten Sintang menyatakan sebanyak 12 kecamatan di kabupaten setempat terdampak banjir yang disebabkan meluapnya debit air Sungai Kapuas dan Sungai Melawi di wilayah setempat.

"Bila interior sudah terendam air, jok sampai kacanya, jangan diapa-apakan dahulu. Paling karpetnya saja yang bisa dilepas sendiri dan bersihkan sampah yang ikut masuk," kata Christopher, kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Selanjutnya, jika masih ada air yang menggenang, segera kuras sampai kering. Christopher mengatakan, membersihkannya bisa menggunakan microfiber. Semua itu dilakukan dalam keadaan mobil diam, jangan dinyalakan.

Baca juga: Sejauh Mana Mobil Listrik Bisa Terabas Banjir

Selain itu, Ario Hadi, Operator Manager Autospa Bekasi, mengatakan, kerusakan dapat terjadi jika melakukan pembersihan interior tanpa berhati-hati.

"Busa jok bisa ikutan rembes, interior jadi lecet halus dan tidak bisa hilang, dan sebagainya. Masalah elektrik juga bisa terjadi karena kabel tidak dibersihkan dengan benar. Lebih baik serahkan bagian itu kepada ahlinya," ujar Ario.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com