Perlu Cara Khusus, Begini Teknik Bawa Motor Melewati Jalan Berpasir

Kompas.com - 21/12/2021, 18:07 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com – Memasuki musim hujan seperti sekarang, para pengendara sepeda motor dituntut lebih berhati-hati. Sebab kondisi jalan bakal sulit diprediksi, di mana jalan yang awalnya kering bisa tiba-tiba basah karena hujan, sehingga membuatnya jadi licin.

Kondisi licin diperparah dengan adanya pasir yang berada di permukaan jalan. Pemotor juga harus bisa membedakan cara berkendara di jalan yang berpasir agar tetap aman dan selamat sampai tujuan.

Hendrik Ferianto, Instruktur Safety Riding PT Astra Honda Motor (AHM), mengatakan, pada dasarnya kemampuan melewat jalan berpasir masuk dalam kategori advance skill bukan pemula.

Baca juga: Viral, Video Wanita Bongkar Kecurangan Petugas SPBU di Bintaro

Kondisi jalan rusak menuju warung kopi santen di Desa Jepangrejo, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Sabtu (11/11/2021)KOMPAS.com/ARIA RUSTA YULI PRADANA Kondisi jalan rusak menuju warung kopi santen di Desa Jepangrejo, Kecamatan Blora, Kabupaten Blora, Sabtu (11/11/2021)

“Karena ketika lewat jalan kering, tiba-tiba ketemu jalan basah, atau jalan berpasir, teknik pengeremannya sudah beda. Sudah banyak yang harus di-improve,” ujar Hendrik, dalam webinar “Fresh Rider, Cara Asik dan #Cari_Aman untuk Newbie Berkendara”, Jumat (17/12/2021).

Menurutnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan pemotor agar aman melewati jalan berpasir atau licin.

“Pertama tetap tenang, jangan panik. Kedua, ketika di jalan berpasir motor sudah kehilangan keseimbangan, kontrol pinggul Anda. Jadi kita kendalikan pakai pinggul. Kalau motor sport, dijepit tangkinya,” ucap Hendrik.

Baca juga: Diskon MPV Murah di Akhir Tahun Tembus Puluhan Juta Rupiah

Ilustrasi pengendara motorKOMPAS.com/FIRMAN TAUFIQURRAHMAN Ilustrasi pengendara motor

“Dan jangan pernah kalau lewat jalan berpasir dan bertanah, haram menarik rem depan. Kenapa? Pasti jatuh. Jadi jangan narik rem depan. Pakai rem belakang saja,” kata dia.

Hendrik menambahkan, kunci untuk melewati jalan berpasir dengan aman adalah pada kontrol tubuh. Walaupun cuma sesaat, namun kemampuan ini memang butuh pembiasaan karena tidak mudah.

“Jadi saat lewat jalan berpasir, tutup gasnya, tetap tenang, kemudian pakai rem belakang. Jika motor tetap melintir-melintir, maka kendalikan diri Anda. Kalau kita tetap tenang, bisa mengendalikan pikiran, maka motor bisa kita kendalikan,” kata Hendrik.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.