Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Malam Tahun Baru, Ada Crowd Free Night 73 Titik di Jakarta

JAKARTA, KOMPAS.com - Guna mencegah kerumunan masyarakat pada malam tahun baru 2022, Polda Metro Jaya berencana akan melakukan pembatasan mobilitas kendaraan dan pejalan kaki dengan memberlakukan crowd free night (CFN).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan menjelaskan, ada 73 titik di wilayah DKI Jakarta yang akan diberlakukan CFN pada 31 Desember 2021.

“Untuk pengamanan malam tahun baru itu akan diberlakukan crowd free night. Ada 73 titik yang akan diberlakukan di Jakarta,” ucap Zulpan kepada wartawan, Selasa (21/12/2021).

Menurut Zulpan, 73 titik CFN tersebut tersebar di enam lokasi yang menjadi titik rawan terjadinya kerumunan masa, di antaranya Jalan Sudirman-Thamrin, Jalan Asia Afrika, kawasan Monas, Kemang, Dharmawangsa, Senopati, dan Jalan Pangeran Antasari, serta wilayah Kanal Banjir Timur.

Adapun pemberlakuan CFN pada malam pergantian tahun baru 2022 merupakan bagian dari Operasi Lalin Jaya 2021 di wilayah DKI Jakarta.

Setidaknya terdapat 8.000 personel yang terdiri dari Polda Metro Jaya, Kodam Jaya, dan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan dikerahkan untuk melakukan pengamanan mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.

“Kekuatan Polda Metro Jaya dan Kodam Jaya dan Pemda DKI jumlah kekuatan seluruhnya berjumlah 8.000 personel,” kata Zulpan.

Kegiatan ini juga mengedepankan protokol kesehatan sesuai dengan leveling PPKM yang berlaku di DKI Jakarta.

Dengan adanya pemberlakuan CFN pada saat malam tahun baru nanti, diharapkan seluruh jalanan di Jakarta akan sepi dari kegiatan dan mengurangi potensi lonjakan kasus Covid-19.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/22/070200915/malam-tahun-baru-ada-crowd-free-night-73-titik-di-jakarta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke