Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Alasan Honda CB150X Meluncur Perdana Global di Indonesia

Kompas.com - 21/12/2021, 12:02 WIB
Gilang Satria,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BANDUNG, KOMPAS.com - Honda CB150X resmi meluncur di Indonesia pada November 2021. Motor dengan genre touring adventure tersebut membuka segmen baru Honda di kelas 150cc.

Indonesia dalam hal ini Astra Honda Motor (AHM) merupakan pihak pertama yang meluncurkan CB150X di dunia, yang saat itu bertepatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021.

Direktur Marketing AHM Thomas Wijaya mengatakan, ada dua alasan mengapa prisipal Honda mempercayakan Indonesia sebagai peluncuran lokasi CB150X di dunia.

Baca juga: Ancol Jadi Sirkuit Resmi Road Race dan Drag Race Pebalap Liar

Honda CB150XFoto: AHM Honda CB150X

"Satu, secara pasar motor sport Indonesia itu boleh dikatakan di negara Asia, untuk sport di bawah 250cc, marketnya masih signifikan besar," ungkap Thomas, di Bandung, Senin (20/12/2021).

Kedua, kata Thomas, pengguna motor sport di Indonesia sangat beragam. Jika sebelumnya hanya segmen naked dan full fairing maka belakangan market on/off road atau off road ikut berkembang.

"Jadi kita melihat akan mengembangkan bagaimana orang bisa punya daily riding tapi juga punya off road ussage atau touring, jadi makanya Indonesia kelihatan marketnya besar kategori sport-nya," katanya. 

"Kemudian di segmen sport itu juga kita lebih beragam. Kalau di negara lain itu mungkin tidak, kalau full fairing, full fairing saja, kemudian naked itu sudah tidak banyak, rata-rata full fairing, di Indonesia variannya banyak sekali," katanya.

Baca juga: Tidak Ada Penyekatan Kendaraan di Bandung Selama Libur Natal dan Tahun Baru

Motor sport adventure 150 cc Honda CB150X dibanderol mulai Rp 32 jutaanDok. AHM Motor sport adventure 150 cc Honda CB150X dibanderol mulai Rp 32 jutaan

 

Konsep utama CB150X kata Thomas, ialah pengembangan bagaimana menyatukan kebutuhan orang untuk berkendara harian tapi bisa nyaman dipakai jalan jauh.

"Nah makanya kita melihat ini sangat penting sekali buat Indonesia, orang yang punya jiwa petualang seperti CRF dan CB seperti kombinasi, kita menciptakan segmen baru," ujarnya.

"CB yang city touring yang suka dual dual purpose nah ini kita coba lihat yang benar-benar suka adventure touring. Jadi penting buat Honda dan kita," kata Thomas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com