Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ancol Jadi Sirkuit Resmi Road Race dan Drag Race Pebalap Liar

Kompas.com - 20/12/2021, 20:31 WIB
Gilang Satria,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi


JAKARTA, KOMPAS.com - Polda Metro Jaya memilih kawasan Taman Impian Jaya Ancol sebagai tempat untuk menggelar ajang balapan resmi untuk memfasilitasi para pelaku balap liar.

Ketua Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo, mengatakan, ajang tersebut sedianya mulai digelar 15 Januari 2022.

Baca juga: Jalan Tol Akses dari Cipali ke Bandara Kertajati Resmi Beroperasi

Hal tersebut disampaikan Bamsoet panggilannya, usai melakukan pertemuan dengan Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran pada Senin (20/12/2021).

Polda Metro Jaya bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) usai membahas rencana penyelenggaraan kompetisi resmi untuk memfasilitasi para pelaku balap liar, Senin (20/12/2021).KOMPAS.com/Tria Sutrisna Polda Metro Jaya bersama Ikatan Motor Indonesia (IMI) usai membahas rencana penyelenggaraan kompetisi resmi untuk memfasilitasi para pelaku balap liar, Senin (20/12/2021).

"Alhamdulillah pak Kapolda sepakat pada 15 Januari 2022. Kita akan mulai untuk kegiatan pertama, road race maupun drag race bagi anak-anak kita," kata Bambang mengutip Megapolitan Kompas.com, Senin, (20/12/2021).

Sebelumnya, Kapolda Fadil berencana memfasilitasi para pelaku balap liar dengan menyediakan lokasi khusus untuk dijadikan arena balapan setiap malam hari.

Baca juga: Ulik Kembali Fitur Toyota Fortuner 2.4 VRZ Diesel, Mampu Tekan Emisi?

Fasilitas tersebut dirasa perlu karena merasa masih banyak pelaku balap liar yang kerap membuat resah masyarakat, khususnya para pengguna jalan.

Speed trap di Jalan I Gusti Ngurah Rai yang dipasang Dishub Bekasi Kota untuk cegah aksi balap liar.Warta Kota - Joko Supriyanto Speed trap di Jalan I Gusti Ngurah Rai yang dipasang Dishub Bekasi Kota untuk cegah aksi balap liar.

"Anak-anak kita ini yang suka aneh-aneh, jalan raya dipakai balapan sehingga mengganggu orang lain. Membahayakan keselamatan dirinya dan orang lain," ujar Fadil di Mapolda Metro Jaya, Selasa (30/11/2021).

Fadil berharap bahwa kegiatan kompetisi resmi dan fasilitas sirkuit balap di Ancol ini bisa mencegah kegiatan balap liar di jalan raya.

"Mudah-mudahan niat baik kita ini, bisa menyelamatkan anak-anak kita. Kemudian bagi mereka yang memiliki potensi untuk menjadi pembalap, bisa tersalurkan," katanya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com