KNKT Sorot Insiden Mobil Terbakar dan Daerah Rawan Laka Selama 2021

Kompas.com - 21/12/2021, 08:42 WIB
Mobil Mercedes-Benz tiba-tiba terbakar saat melintas di Jalan Tol Sedyatmo Km 31,8, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Senin (20/12/2021) siang. Dok. TMC Polda Metro JayaMobil Mercedes-Benz tiba-tiba terbakar saat melintas di Jalan Tol Sedyatmo Km 31,8, Kecamatan Benda, Kota Tangerang, Senin (20/12/2021) siang.

jAKARTA, KOMPAS.com - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) telah merilis capaian kerja untuk periode 2021. Sepanjang tahun ini, total ada 18 kecelakaan lalu lintas dan angkutan jalan (LLAJ) yang sudah diinvestigasi KNKT.

Ahmad Wildan, Plt. Kasubkom IK LLAJ KNKT, menegaskan, bahwa masyarakat harus memahami jumlah kecelakaan yang sudah diinvestigasi bukan menunjukkan jumlah keseluruhan kecelakaan LLAJ di Indonesia.

"Data itu adalah jumlah kecelakaan LLAJ yang sudah diinvestigasi KNKT," ucap Wildan dalam konferensi pers virtual, Senin (20/12/2021).

Baca juga: Ini Aturan dan Syarat Perjalanan Darat Terbaru Selama Libur Nataru

Sebab, tidak semua kasus kecelakaan jadi wewenang KNKT untuk diinvestigasi. Menurut Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 62 Tahun 2013 tentang Investigasi Kecelakaan Transportasi, ada sejumlah kriteria agar sebuah kecelakaan bisa dilakukan tindakan investigasi.

Truk trailer terguling di rest area KM 97 Cipularang Truk trailer terguling di rest area KM 97 Cipularang

Misalnya, terjadi tabrakan antar kendaraan bermotor umum, kecelakaan antara kendaraan bermotor umum dengan kereta api, dan kecelakaan antara kendaraan bermotor umum dengan fasilitas atau benda lainnya.

Selain itu, kendaraan bermotor umum terguling, kendaraan bermotor jatuh ke jurang, serta kendaraan bermotor umum terbakar.

Wildan menyorot fakta bahwa investigasi yang dilakukan KNKT sepanjang 2021 didominasi kendaraan terbakar, daerah rawan kecelakaan, dan kecelakaan truk trailer.

Baca juga: Pengendara Motor Pengawal Ambulans Kena Tilang, Ini Penjelasan Polisi

Insiden kendaraan terbakar memang masih kerap terjadi akhir-akhir ini. Terbaru, sedan Mercedes-Benz E320 terbakar di Jalan Tol Cengkareng arah Bandara Soekarno-Hatta Km 31A, Senin (20/12/2021).

Sehari sebelumnya, kebakaran kendaraan juga terjadi di Jalan Bypass Ngurah Rai, Jimbaran, Bali, Minggu (19/20/2021). Pada peristiwa tersebut, sebuah BMW 318i E46 hangus dilalap api.

Wildan menyebutkan, ada beberapa faktor yang jadi penyebab utama kendaraan dapat terbakar, mulai dari permasalahan kelistrikan, hingga modifikasi peningkatan performa mesin pada mobil pribadi.

Ilustrasi Fly Over KretekTRIBUN JATENG/MAMDUKH ADI PRIYANTO Ilustrasi Fly Over Kretek

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.