Wholesales SUV Kompak November 2021, Raize Menang Telak

Kompas.com - 20/12/2021, 09:02 WIB
SUV kompak mulai ramai dengan kehadiran Raize, Rocky, Magnite, dan Sonet. KOMPAS.com/DIO DANANJAYASUV kompak mulai ramai dengan kehadiran Raize, Rocky, Magnite, dan Sonet.

JAKARTA, KOMPAS.com - Segmen mobil SUV kompak di Indonesia makin ramai dengan hadirnya duo Toyota Raize dan Daihatsu Rocky di 2021.

Kedua mobil tersebut diluncurkan untuk menyaingi Kia Sonet, Nissan Magnite, dan Renault Kiger yang juga sudah bermain di kelas ini.

Meski tren segmen SUV kompak tidak seramai low multi purpose vehicle (LMPV) maupun low sport utility vehicle (LSUV), mobil-mobil di kelas ini patut diperhitungkan berkat ditanamnya sejumlah fitur baru namun dengan harga yang relatif masih terjangkau.

Baca juga: Viral SPBU Pertamina Disebut Tak Bisa Lagi Bayar Tunai, Ini Penjelasan Pertamina

Tercatat, mayoritas mobil di kelas SUV kompak dibanderol pada kisaran harga Rp 170 juta - Rp 290 jutaan. Daihatsu Rocky sebagai pilihan paling terjangkau dijual mulai Rp 170 jutaan.

Sementara itu, Toyota Raize dan Kia Sonet mulai mengisi ceuk harga Rp 200 jutaan, disusul Nissan Magnite dengan varian termurah Rp 240 jutaan.

Toyota Raize GR SportKompas.com Toyota Raize GR Sport

Mengutip data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), kelas mobil ini menorehkan angka wholesales atau distribusi dari pabrik ke diler 4.406 unit selama November 2021.

Baca juga: Kia Carens Generasi Baru Hadir, Tampilan Jadi Ala SUV

Angka wholesales bulan kesebelas tersebut naik jika dibandingkan dengan bulan sebelumnya alias pada Oktober 2021, di mana hanya tercatat sebanyak 3.678 unit.

Toyota Raize berhasil jadi mobil terlaris di segmen ini dengan jumlah wholesales sebanyak 3.901 unit dengan varian 1.0T GR CVT Single Tone yang paling banyak dilepas sebanyak 1.570 unit.

Sementara para pesaingnya harus puas dengan angka di bawah 500 unit. Tepatnya, Daihatsu Rocky mencatat wholesales 449 unit, Nissan Magnite 29 unit, dan Kia Sonet 27 unit.

Lantas Renault Kiger tidak diketahui data wholesales-nya mengingat Maxindo Renault Indonesia (MRI) selaku agen pemegang merek (APM) tidak lagi tergabung dalam Gaikindo.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.