Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

[POPULER OTOMOTIF] Penjelasan Pertamina Tentang Video Viral SPBU Tidak Bisa Bayar Tunai Lagi | Aturan Mengawal Ambulans

Kompas.com - 20/12/2021, 06:02 WIB
Ruly Kurniawan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial and Trading Irto Ginting memastikan bahwa SPBU yang berada di Tanah Air seluruhnya masih menerima pembayaran tunai untuk transaksi.

Sehingga, masyarakat jangan khawatir atas video viral yang menyatakan bila SPBU sudah mulai tidak menerima transaksi tunai untuk pembayaran pembelian bahan bakar.

"Itu (yang di video) merupakan SPBU percontohan yang bertujuan untuk mendorong penggunaan pembayaran cashless, yakni di SPBU COCO 31.124.01 berlokasi di Jalan RS Fatmawati, Jakarta Selatan," katanya, Sabtu (18/12/2021).

"Jalur cashless diberlakukan untuk roda empat ke atas, sementara untuk konsumen roda dua masih bisa melakukan pembayaran secara tunai,” lanjut Irto.

Sementra itu, artikel tentang polisi yang menilang pengendara motor saat mengawal dan membuka jalan untuk ambulans juga ramai pembaca.

Kala itu, petugas melakukan penilangan karena pengendara terkait tidak memiliki kewenangan untuk melakukan pengawalan, hanya kalangan sipil. Itu tertuang dalam pasal 12 UU No.22/2021 tentang LLAJ.

"Tanpa pengawalan pun harusnya masyarakat memprioritaskan atau memberi jalan daripada kendaraan ambulans itu, sebenarnya ya," kata Direktur Penegakan Hukum Korlantas Polri Brigjen Pol Aan Suhanan kepada Kompas.com.

Lebih jauh, berikut 5 artikel terfavorit di kanal Kompas Otomotif pada Minggu, 19 Desember 2021;

1. Viral SPBU Pertamina Disebut Tak Bisa Lagi Bayar Tunai, Ini Penjelasan Pertamina

Ilustrasi SPBU PertaminaDOK. PERTAMINA Ilustrasi SPBU Pertamina

Viral di media sosial sebuah unggahan seorang pria yang keluhkan bahwa SPBU Pertamina di Jakarta sudah tak lagi menerima pembayaran tunai.

Curhatan di media sosial tersebut ramai dibicarakan setelah diunggah oleh akun Facebook bernama Imam, Sabtu (18/12/2021).

“Mbah mau nanya di sini yang tinggal di Jakarta buat roda empat di Pertamina Jakarta udah enggak nerima uang tunai/cash ya? Tadi gejil ngisi daerah pom bensin Jalan Fatmawati Raya, Jakarta Selatan, self service sama bayar make aplikasi Pertamina atau kartu kredit , e-money dan sejenisnya, mereka udah gak nerima uang tunai lagi. Apa bakal semua di terapin begitu? Kalo gejil liat untuk kendaraan bermotor masih nerima pembayaran tunai tapi self service. Gumana mbah di daerah sampeyan?,” tulis pria dalam unggahan.

Menanggapi hal ini, Pjs. Corporate Secretary PT Pertamina Patra Niaga Subholding Commercial and Trading Irto Ginting mengatakan, SPBU yang dimaksud dalam unggahan tersebut merupakan SPBU khusus non-tunai self-service, dan hanya ada satu SPBU sebagai pecontohan.

Baca juga: Viral SPBU Pertamina Disebut Tak Bisa Lagi Bayar Tunai, Ini Penjelasan Pertamina

2. Kia Carens Generasi Baru Hadir, Tampilannya Jadi Ala SUV

Kia CarensPAULTAN.org Kia Carens

Kia akhirnya meluncurkan Carens model baru. Secara tampilan, Carens generasi keempat ini hadir dengan desain yang lebih gagah khas SUV. Walaupun mobil ini masih menyajikan kepraktisan dan kapasitas hingga tujuh penumpang selayaknya MPV. Disitat dari Paultan (19/12/2021),

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com