Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kia Carens Generasi Baru Hadir, Tampilan Jadi Ala SUV

Kompas.com - 19/12/2021, 13:12 WIB
Dio Dananjaya,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comKia akhirnya meluncurkan Carens model baru. Secara tampilan, Carens generasi keempat ini hadir dengan desain yang lebih gagah khas SUV. Walaupun mobil ini masih menyajikan kepraktisan dan kapasitas hingga tujuh penumpang selayaknya MPV.

Disitat dari Paultan (19/12/2021), Carens terbaru dibangun berdasarkan basis yang digunakan pada Kia Seltos. Melihat fascia-nya, mobil ini masih membawa bahasa desain tiger nose, namun dengan nuansa baru yang lebih segar.

Pada bagian samping, mobil ini mengusung overfender hitam di sekujur bodi yang membuatnya tampak aman berjalan di medan jalan kasar.

Baca juga: Ada Xenia Baru, Konsumen Justru Pilih Model Lama

Kia melepas dua varian baru, Seltos Diesel dan Seltos GT Line ke pasar domestik Indonesia dari ajang GIIAS 2021.KOMPAS.com/Donny Dwisatryo Priyantoro Kia melepas dua varian baru, Seltos Diesel dan Seltos GT Line ke pasar domestik Indonesia dari ajang GIIAS 2021.

Carens menggunakan pelek paduan palang lima 16 inci, yang menampilkan rem cakram belakang sebagai standar di seluruh jajaran.

Sementara di belakang, tampak lampu rem LED horizontal yang memanjang, berikut juga logo Kia terbaru di bagian tengah pintu.

Beranjak ke kabin, Carens terbaru memiliki head unit dengan layar sentuh HD 10,25 inci yang terintegrasi dengan Next Generation Kia Connect.

Baca juga: Bocoran Bus Avante H9 Priority, Pakai Livery Harapan Jaya Lagi

Kia CarensPAULTAN.org Kia Carens

Kenyamanan di interior didukung juga dengan suara premium Bose delapan speaker, layar instrumen digital, dan pencahayaan ambient light 64 warna.

Carens akan ditawarkan dalam konfigurasi enam dan tujuh kursi. Baris kedua dilengkapi Retractable Seatback Tables dengan cup holder terintegrasi, dan ruang untuk meletakkan gadget.

Akses masuk penumpang ke baris ketiga terbilang mudah, karena kursi yang dapat dilipat. Kursi baris kedua dalam varian tujuh penumpang, dilengkapi dengan lipatan elektrik. Adapun, versi enam kursi menampilkan captain seat untuk penumpang baris kedua.

Baca juga: Ini Bedanya Supercharger, Turbocharger, dan NOS

Baca juga: Intip Bangku Super Mewah Buatan Hai Rimba Kencana di Bus Omah Sultan

Kia CarensPAULTAN.org Kia Carens

Bicara soal dapur pacu, Carens akan menggunakan mesin bensin dan diesel berkapasitas 1.500 cc dari Seltos, serta ada juga unit turbo 1.400 cc yang bertenaga 140 tk.

Sedangkan transmisinya tersedia dalam pilihan manual 6-percepatan, kopling ganda 7-percepatan, serta girboks otomatis 6-percepatan DCT. Selain itu, Carens akan menampilkan tiga pilihan mode berkendara, yaitu Sports, Eco, dan Normal.

Untuk keselamatan, semua varian akan dilengkapi dengan enam airbag, ESC, brake assist, vehicle stability management (VSM), hill-assist control (HAC), downhill brake control (DBC), sensor parkir depan serta pemantau tekanan ban.

Perusahaan mengatakan bahwa Carens akan diluncurkan di India pada kuartal pertama tahun depan. Selain itu, Carens terbaru juga siap dipasarkan ke negara lain di berbagai belahan dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com