Kompas.com - 15/12/2021, 09:22 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Toyota Motor Corporation (TMC) memastikan diri untuk ikut meramaikan industri kendaraan bermotor listrik berbasis baterai alias battery electric vehicle (BEV) dunia. Tak tanggung-tanggung, investasi senilai 8 triliun yen sudah disiapkan.

Merek otomotif terbesar di Jepang ini, menargetkan bisa menjual 3,5 juta unit BEV pada 2030 mendatang. Target terkait meningkat signifikan, dari 2 juta unit yang disampaikan September 2021 lalu.

Chief Executive TMC Akio Toyoda pada konferensi virtual, Selasa (14/12/2021), mengatakan, banyak yang masih skeptis terhadap Toyota karena dianggap tidak serius jualan mobil listrik.

Pasalnya, setiap tahun Toyota menjual 10 juta unit mobil di seluruh dunia, dan target jualan BEV yang disebutkan hanya sepertiganya.

Baca juga: Persiapan Menuju Era Elektrifikasi, Toyota Siapkan 70 Miliar Dollar AS

Konferensi pers langkah elektrifikasi dari Toyota Motor Corporation, Selasa (14/12/2021) Konferensi pers langkah elektrifikasi dari Toyota Motor Corporation, Selasa (14/12/2021)

Namun, Akio menyatakan, sejatinya target 3,5 juta unit penjualan mobil listrik itu merupakan angka yang besar bagi pasar BEV. Tapi, fokus utama Toyota, lanjut dia, adalah menjaga agar pilihan tetap terjaga bagi konsumen di seluruh dunia.

Akio mengatakan, Toyota tidak mau memaksakan konsumen atau masyarakat untuk membeli mobil listrik ketika kondisi lingkungannya tak mendukung.

“Dengan cara ini kita bisa tetap menjaga daya saing dan menciptakan kebutuhan bagi konsumen, serta tetap bisa bertahan,” ucap dia.

Secara garis besar, kata Akio, target Toyota adalah mengurangi karbon sebanyak dan secepat mungkin. Namun, manusia yang hidup di daerah yang beragam, membuat sulit untuk bisa memenuhi semua kebutuhan karena punya kondisi yang berbeda.

“Kami punya dua model (utama untuk strategi ini), pertama, kendaraan pengurang kabon (reduce carbon vehicle). Kedua, kendaraan karbon netral (BEV),” kata Akio.

Baca juga: Toyota Siapkan 30 Produk Mobil Listrik Murni Mulai 2030

Seluruh line-up kendaraan listrik berbasis baterai dari Toyota yang akan diproduksi dikenalkan kepada publik untuk pertama kalinya oleh Chief Executive TMC Akio Toyoda, Selasa (14/12/2021)KOMPAS.com/Ruly Seluruh line-up kendaraan listrik berbasis baterai dari Toyota yang akan diproduksi dikenalkan kepada publik untuk pertama kalinya oleh Chief Executive TMC Akio Toyoda, Selasa (14/12/2021)

Teknologi Beragam

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.