Naik Turun Industri Otomotif Indonesia sejak 1970-an

Kompas.com - 15/12/2021, 06:42 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Industri otomotif mulai dibangun di Indonesia sejak 1970-an. Tak heran, perkembangan industri otomotif di republik ini sangat penting dan strategis bagi perekonomian nasional termasuk menunjang ekspor non-migas nasional.

Selama 50 tahun lebih, industri otomotif telah berkontribusi sangat besar untuk Indonesia, baik untuk peningkatan nilai tambah ekonomi, penyerapan tenaga kerja, maupun peningkatan teknologi tinggi khususnya penggunaan otomasi dan robotik di fasilitas manufakturnya.

Masuk ke periode 2010-an, tepatnya 2012 industri otomotif Indonesia semakin diakui, apalagi volume pasar tembus satu juta unit.

Sejak itu, pamor industri otomotif nasional semakin tinggi dan menarik banyak merek otomotif dunia menjadikan Indonesia sebagai salah satu basis produksinya, sekaligus bagian dari rantai pasok global (global supply chain).

Baca juga: Daftar Mobil Terlaris November 2021, Xpander Tergeser dari 10 Besar

Peluncuran buku Industri Otomotif untuk Negeri() Peluncuran buku Industri Otomotif untuk Negeri

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) per November 2020, kapasitas produksi industri otomotif nasional mencapai 2,35 juta unit per tahun dengan menyerap tenaga kerja langsung sekitar 350 ribu orang dan 1,2 juta pekerja tidak langsung di mata rantai industri ini.

Saat ini industri mobil di Indonesia didukung 22 pabrikan dunia dengan total investasi yang ditanamkan mencapai Rp 100 triliun. Kementerian Perindustrian RI pun mengatakan industri otomotif masuk industri besar di Indonesia.

Berdasarkan data yang dihimpun dari Badan Kebijakan Fiskal, BPS, dan BKPM, kontribusi industri otomotif terhadap perekonomian nasional (GDP) sebesar 1,76 persen, setara Rp 260,9 triliun pada 2019, salah satu kontribusinya datang dari pajak penjualan mobil.

Produksi mobil dalam negeri juga berhasil menembus pasar ekspor hingga ke 83 negara.

Baca juga: Alasan Kenapa Lampu Kabin Mobil Dimatikan Saat Mengemudi di Malam Hari

Sayangnya, perjalanan panjang dan dinamika industri otomotif Indonesia tidak banyak didokumentasikan dengan lengkap dan baik.

Agus Tjahajana Wirakusumah pun menuliskan buku dengan judul Industri Otomotif untuk Negeri: Menjadi Pemain Utama Era Mobil Listrik ini diterbitkan oleh penerbit Pustaka Kaji, Jakarta, dan diluncurkan di Dreams Café by Honda, Senayan Park, pada Selasa (14/12/2021).

Pada buku ini tertulis data serta dokumentasi otomotif nasional sejak zaman penjajahan Belanda, 1970-an sampai saat ini di mana memasuki industri kendaraan zero emission. Selain itu tertera juga perjuangan Indonesia menciptakan mobil nasional (mobnas).

“Harapan saya buku ini menjadi referensi yang utuh dan lengkap tentang industri otomotif yang selama lima dekade telah berkontribusi sangat besar untuk negeri ini. Semoga buku ini juga menarik perhatian para anak muda dan berbagai kalangan yang ingin mengenal lebih dalam struktur industri otomotif kita,” ucapnya dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Selasa (14/12/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.