Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Melintasi Persimpangan, Jangan Asal Tancap Gas

Kompas.com - 07/12/2021, 11:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.comPersimpangan jalan adalah tempat di mana bertemunya berbagai pengguna jalan dari banyak arah. Tidak jarang di persimpangan terdapat lampu lalu lintas untuk mengatur jalannya lalu lintas.

Ketika lampu lalu lintas menyala hijau yang artinya boleh jalan, bukan berarti pengendara aman untuk tancap gas. Sayangnya di Indonesia masih ada saja pengendara lain yang menerobos lampu merah, akhirnya malah terjadi kecelakaan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengingatkan bagi para pengendara motor, saat lampu lalu lintas menyala hijau, bukan berarti aman tancap gas. Perhatikan juga kondisi jalan, apakah sudah aman atau tidak.

Baca juga: Ingat, Ganjil Genap di 13 Ruas Jalan di DKI Masih Berlaku Pekan Ini

TABRAKAN --Satu orang tewas ditempat dan satu luka berat setelah truk box Indomaret menerobos lampu merah perempatan Pasar Pagotan hingga menabrak tiga sepeda motor dan satu mobil di ruas jalan nasional Madiun-Ponorogo, Desa Pagotan, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat (23/4/2021) soreKOMPAS.COM TABRAKAN --Satu orang tewas ditempat dan satu luka berat setelah truk box Indomaret menerobos lampu merah perempatan Pasar Pagotan hingga menabrak tiga sepeda motor dan satu mobil di ruas jalan nasional Madiun-Ponorogo, Desa Pagotan, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat (23/4/2021) sore

“Sebelum tancap gas, pastikan dulu dari arah kanan dan kiri aman. Yang dikhawatirkan ada pengendara yang menerobos lampu merah dari arah lain,” ucap Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ada saja pengendara yang menerobos lampu merah dan dalam kecepatan tinggi karena merasa tanggung. Tentu saja pengendara seperti ini bisa membahayakan pengguna jalan lain.

Baca juga: Harga SUV Kompak Desember 2021, Rocky Mulai Rp 178 Jutaan, Sonet Rp 200 Jutaan

“Tips lainnya yaitu kurangi kecepatan jika lampu sudah berubah kuning, agar ketika merah, pengendara tidak melakukan rem mendadak,” kata Agus.

Tapi sayangnya masih sedikit pengendara yang mau mengurangi kecepatannya saat lampu lalu lintas berubah kuning. Kesadaran untuk berkendara aman harus ditingkatkan, karena hal yang penting adalah sampai tujuan dengan selamat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com