Kompas.com - 07/12/2021, 11:22 WIB
Sebuah kabel di tengah persimpangan Jalan RS Fatmawati, Cilandak Barat, Jakarta Selatan tampak menjuntai hingga ke jalan pada Senin (25/10/2021) sekitar pukul 05.45 WIB. KOMPAS.com/WAHYU ADITYO PRODJOSebuah kabel di tengah persimpangan Jalan RS Fatmawati, Cilandak Barat, Jakarta Selatan tampak menjuntai hingga ke jalan pada Senin (25/10/2021) sekitar pukul 05.45 WIB.

JAKARTA, KOMPAS.comPersimpangan jalan adalah tempat di mana bertemunya berbagai pengguna jalan dari banyak arah. Tidak jarang di persimpangan terdapat lampu lalu lintas untuk mengatur jalannya lalu lintas.

Ketika lampu lalu lintas menyala hijau yang artinya boleh jalan, bukan berarti pengendara aman untuk tancap gas. Sayangnya di Indonesia masih ada saja pengendara lain yang menerobos lampu merah, akhirnya malah terjadi kecelakaan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengingatkan bagi para pengendara motor, saat lampu lalu lintas menyala hijau, bukan berarti aman tancap gas. Perhatikan juga kondisi jalan, apakah sudah aman atau tidak.

Baca juga: Ingat, Ganjil Genap di 13 Ruas Jalan di DKI Masih Berlaku Pekan Ini

TABRAKAN --Satu orang tewas ditempat dan satu luka berat setelah truk box Indomaret menerobos lampu merah perempatan Pasar Pagotan hingga menabrak tiga sepeda motor dan satu mobil di ruas jalan nasional Madiun-Ponorogo, Desa Pagotan, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat (23/4/2021) soreKOMPAS.COM TABRAKAN --Satu orang tewas ditempat dan satu luka berat setelah truk box Indomaret menerobos lampu merah perempatan Pasar Pagotan hingga menabrak tiga sepeda motor dan satu mobil di ruas jalan nasional Madiun-Ponorogo, Desa Pagotan, Kecamatan Geger, Kabupaten Madiun, Jawa Timur, Jumat (23/4/2021) sore

“Sebelum tancap gas, pastikan dulu dari arah kanan dan kiri aman. Yang dikhawatirkan ada pengendara yang menerobos lampu merah dari arah lain,” ucap Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ada saja pengendara yang menerobos lampu merah dan dalam kecepatan tinggi karena merasa tanggung. Tentu saja pengendara seperti ini bisa membahayakan pengguna jalan lain.

Baca juga: Harga SUV Kompak Desember 2021, Rocky Mulai Rp 178 Jutaan, Sonet Rp 200 Jutaan

“Tips lainnya yaitu kurangi kecepatan jika lampu sudah berubah kuning, agar ketika merah, pengendara tidak melakukan rem mendadak,” kata Agus.

Tapi sayangnya masih sedikit pengendara yang mau mengurangi kecepatannya saat lampu lalu lintas berubah kuning. Kesadaran untuk berkendara aman harus ditingkatkan, karena hal yang penting adalah sampai tujuan dengan selamat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.