Renault Keluar dari Gaikindo sejak Februari 2021, Data Penjualan Nol

Kompas.com - 07/12/2021, 09:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) memastikan bahwa PT Maxindo Renault Indonesia (MRI) telah keluar dari keanggotaan asosiasi sejak Februari 2021.

Sekretaris Umum Gaikindo Kukuh Kumara menjelaskan, hal tersebut putus setelah agen pemegang merek Renault di Tanah Air itu tidak melaksanakan kewajiban-kewajibannya ke asosiasi.

"Dari Februari lalu, kewajiban di asosiasi tidak dipenuhi seperti melaporkan penjualan. Kami kontak tidak ada respons, bersurat juga tidak dibalas, jadi sudah tidak ada komunikasi," katanya saat dihubungi Kompas.com, Senin (6/12/2021).

Baca juga: Jumlah Kecelakaan yang Libatkan Transjakarta Capai 248 Kasus Tahun Ini

Renault Koleos dapat penyeagaran di awal 2021MAXINDO RENAULT INDONESIA Renault Koleos dapat penyeagaran di awal 2021

"Sehingga, kita harus diambil langkah," kata Kukuh.

Padahal, kata dia lagi, perkembangan Renault di Indonesia sedang berada di posisi yang positif. Apalagi, kondisi industri otomotif dalam negeri terus bergerak ke arah yang lebih baik usai anjlok di tahun lalu.

Namun, Gaikindo masih berharap MRI segera menjalin komunikasi kembali dengan asosiasi agar dapat bergerak bersama memajukan industri otomotif di Indonesia.

"Sayang sekali, padahal momenya sedang bagus, industri dan penjulan mulai naik lagi," katanya.

Beberapa waktu lalu, Gaikindo menyatakan pengumpulan data merupakan amanat Peraturan Menteri Keuangan No.228/2017 di mana disebutkan ada beberapa asosiasi legal yang diwajibkan untuk menyampaikan data serta informasi berkaitan perpajakan.

Dalam lampiran tersebut, tercantum asosiasi dimaksud salah satunya ialah Gaikindo dan Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI). Namun pada data Gaikindo hingga Oktober 2021, penjualan Renault kosong sejak bulan kedua.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Rp 120 Jutaan, Dapat CR-V sampai Mercy

Review Renault Kwid ClimberKompas.com Review Renault Kwid Climber

Tercatat, penjualan dari pabrik ke diler (wholesales) maupun dari diler ke konsumen (retail sales) Renault selama Januari-Oktober 2021 hanya 46 unit.

Sangat jauh dari perolehan pada periode sama tahun lalu yang menapai 272 unit dan 252 unit untuk penjualan ritelnya.

Hingga artikel ini diterbitkan, pihak MRI belum memberikan jawaban usai dihubungi tim Kompas.com.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.