Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Melintasi Persimpangan, Jangan Asal Tancap Gas

JAKARTA, KOMPAS.com – Persimpangan jalan adalah tempat di mana bertemunya berbagai pengguna jalan dari banyak arah. Tidak jarang di persimpangan terdapat lampu lalu lintas untuk mengatur jalannya lalu lintas.

Ketika lampu lalu lintas menyala hijau yang artinya boleh jalan, bukan berarti pengendara aman untuk tancap gas. Sayangnya di Indonesia masih ada saja pengendara lain yang menerobos lampu merah, akhirnya malah terjadi kecelakaan.

Head of Safety Riding Promotion Wahana Agus Sani mengingatkan bagi para pengendara motor, saat lampu lalu lintas menyala hijau, bukan berarti aman tancap gas. Perhatikan juga kondisi jalan, apakah sudah aman atau tidak.

“Sebelum tancap gas, pastikan dulu dari arah kanan dan kiri aman. Yang dikhawatirkan ada pengendara yang menerobos lampu merah dari arah lain,” ucap Agus kepada Kompas.com, belum lama ini.

Ada saja pengendara yang menerobos lampu merah dan dalam kecepatan tinggi karena merasa tanggung. Tentu saja pengendara seperti ini bisa membahayakan pengguna jalan lain.

“Tips lainnya yaitu kurangi kecepatan jika lampu sudah berubah kuning, agar ketika merah, pengendara tidak melakukan rem mendadak,” kata Agus.

Tapi sayangnya masih sedikit pengendara yang mau mengurangi kecepatannya saat lampu lalu lintas berubah kuning. Kesadaran untuk berkendara aman harus ditingkatkan, karena hal yang penting adalah sampai tujuan dengan selamat.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/12/07/112200015/melintasi-persimpangan-jangan-asal-tancap-gas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke