Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 07/12/2021, 11:02 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com - Sepeda motor butuh untuk diservis rutin tiap interval jarak tempuh tertentu yang sudah direkomendasikan masing-masing pabrikan.

Salah satu interval servis motor yang dianggap krusial yakni tiap usai menempuh total jarak tempuh 50.000 km. Sebagian orang berpendapat, motor perlu dilakukan servis besar, sampai turun mesin.

Sebab, pada interval 50.000 km ini terkadang ditemukan kondisi piston dan silinder pada mesin mulai mengalami aus sehingga kinerjanya sudah tidak lagi optimal.

Baca juga: Pengendara Motor Terobos Palang Pelintasan KA Berujung Pengeroyokan

Ilustrasi perawatan motor dengan ganti oli mesin di bengkel resmi AHASSDok. DAM Ilustrasi perawatan motor dengan ganti oli mesin di bengkel resmi AHASS

Redaksi Kompas.com pun mencoba mengkonfirmasi asumsi tersebut kepada Dwi Suwanto, Instruktur Service PT Surya Timur Sakti Jatim Yamaha area Surabaya, Senin (6/12/2021).

Menurut Dwi, memang betul terdapat jadwal servis sepeda motor pada interval jarak tempuh 50.000 km. Namun perkara servis besar pada sektor mesin, belum tentu dilakukan pada semua sepeda motor.

"Sebenarnya bukan harus servis besar, tetapi pengecekan di bagian mesin, khususnya di bagian silinder, piston, dan ring piston," kata Dwi menjelaskan.

Baca juga: Daftar Mobil Bekas Rp 100 Jutaan, dari Sedan sampai City Car

"Kalau memang saat pemeriksaan ditemukan keausan ya dilakukan penggantian, apalagi jika konsumen mengeluhkan tenaga motornya kok kurang maksimal," ujarnya menambahkan.

Meski begitu, perlu dicatat bahwa penggantian piston, ring piston, dan silinder tidak diwajibkan pada servis interval 50.000 km ini. Dwi mengatakan, selama komponen-komponen tersebut masih sehat, tidak aus maupun baret-baret, maka masih aman untuk digunakan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.