Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rute Baru DAMRI, Bandung -Yogyakarta Cuma Rp 100.000-an

Kompas.com - 06/12/2021, 17:01 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - DAMRI resmi melayani tiga rute baru, pertama Bandung-Yogyakarta (AKAP), lalu ada juga AKDP yakni Bandung-Indramayu, dan Bandung-Kuningan.

Hadirnya layanan tersebut merupakan upaya DAMRI dalam menyediakan transportasi yang aman, nyaman, dan selamat bagi warga Jawa Barat, khususnya Bandung untuk melakukan mobilitas.

Kepala Divisi Sekretariat Perusahaan DAMRI Sidik Pramono mengatakan, rute yang dilayani ini merupakan bentuk komitmen DAMRI dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada pelanggan, dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat, disertai dengan para petugas yang telah divaksin Covid-19.

Baca juga: BPKB Hilang atau Rusak, Begini Cara Mengurusnya

Bus AKAP Damri rute Jakarta - YogyakartaDOK. DAMRI Bus AKAP Damri rute Jakarta - Yogyakarta

Pengoperasian rute ini juga masih dalam suasana HUT ke-75 DAMRI yang baru saja dirayakan pada 25 November 2021.

Mengusung tema “Menghubungkan Negeri”, DAMRI berkomitmen untuk siap menghubungkan mobilitas antar provinsi agar lebih cepat dan lebih baik guna memberikan nilai tambah kepada pelanggan.

Berikut ini rute dan jadwal keberangkatan rute baru DAMRI:

1. Bandung-Kuningan, setiap hari dari Terminal Cicaheum pukul 07.00 WIB, 09.00 WIB, 11.00 WIB, 13.00 WIB, 15.00 WIB, dan 17.00 WIB.

Sedangkan rute sebaliknya Kuningan-Bandung berangkat dari Terminal Kuningan pukul 06.00 WIB, 07.00 WIB, 09.00 WIB, 11.00 WIB, 13.00 WIB, dan 15.00 WIB.

Tarif yang dikenakan sebesar Rp 100.000.

2. Bandung-Indramayu, setiap hari dari Terminal Cicaheum maupun Terminal Indramayu diberangkatkan pukul 05.30 WIB, 10.30 WIB, dan 14.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp 90.000.

3. Bandung-Yogyakarta, berangkat setiap hari Jumat dari Pool DAMRI Kebon Kawung, pukul 20.00 WIB. Sedangkan dari Yogyakarta-Bandung tersedia setiap hari Minggu dengan keberangkatan dari Pool DAMRI Yogyakarta pukul 16.00 WIB. Tarif yang dikenakan sebesar Rp 175.000.

Baca juga: Nasib Perpanjangan Diskon PPnBM Mobil Baru pada 2022

Untuk fasilitas armada, DAMRI menyediakan air conditioning (AC), reclining seat, bagasi, serta toilet khusus untuk armada menuju Yogyakarta.

Perlu diingat, pelanggan diharapkan sudah divaksin minimal dosis pertama, namun bagi pelanggan dalam kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan tidak dapat menerima vaksin, wajib melampirkan surat keterangan dokter dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi Covid-19.

Selama masa pendemi ini, DAMRI mengimbau pelanggan untuk menerapkan pembayaran non-tunai. Hal tersebut didukung DAMRI dengan upaya menghadirkan pelayanan berbasis online, yaitu pemesanan tiket melalui aplikasi DAMRI Apps, portal www.damri.co.id, Traveloka, redBus, Indomaret dan Alfamart.

Foto-foto Kantor Damri Perwakilan Tasikmalaya yang masih beroperasi melayani penumpang jurusan Tasikmalaya-Bengkulu bersama armada busnya meski perusahaan ini rugi sampai Rp 220 miliar tahun 2020 selama pandemi corona, Jumat (29/10/2021).KOMPAS.COM/IRWAN NUGRAHA Foto-foto Kantor Damri Perwakilan Tasikmalaya yang masih beroperasi melayani penumpang jurusan Tasikmalaya-Bengkulu bersama armada busnya meski perusahaan ini rugi sampai Rp 220 miliar tahun 2020 selama pandemi corona, Jumat (29/10/2021).

Batas pemesanan paling lambat 3 jam sebelum keberangkatan. Pembayaran dapat dilakukan di berbagai penyedia layanan dompet digital DANA, OVO, LinkAja, GoPay, Mandiri, ShopeePay, dan gerai Indomaret maupun Alfamart di seluruh Indonesia.

Rute Bandung menuju Yogyakarta, Kuningan, dan Indramayu ini dioperasikan dengan tujuan meningkatkan animo masyarakat untuk kembali menggunakan transportasi bus DAMRI sehingga dapat memulihkan roda perekonomian,” kata Sidik dalam siaran resmi yang Kompas.com terima, Senin (6/12/2021).

Kemudian untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan DAMRI lainnya dapat diperoleh dengan menghubungi Call Center Halo DAMRI 1500 825, email cs@damri.co.id, atau media sosial (@damriindonesia).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com