Pameran Kendaraan Listrik IEMS 2021 Berhasil Tarik 15.000 Pengunjung

Kompas.com - 01/12/2021, 07:42 WIB
Seremoni pembukaan Pameran mobil listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021, Rabu (24/11/2021), di Kawasan Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan. Kompas.com - Ruly KurniawanSeremoni pembukaan Pameran mobil listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021, Rabu (24/11/2021), di Kawasan Puspitek, Serpong, Tangerang Selatan.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran kendaraan listrik Indonesia Electric Motor Show (IEMS) 2021 yang digelar di kawasan Puspitek, Tangerang Selatan selama 24-26 November 2021 mendapat sambutan antusias dari pengunjung.

Pasalnya, selama tiga hari perhelatan, penyelenggara mencatat sedikitnya terdapat 15.000 orang yang berkunjung, baik secara online (dalam jaringan) maupun datang secara fisik (offline).

Diharapkan hasil positif tersebut dapat menangkap pasar potensial dari kendaraan listrik baik bagi regulator, produsen, asosiasi, hingga badan riset dan perguruan tinggi.

Baca juga: PLN Usul Colokan SPKLU di Indonesia Harus Seragam

Motor trail listrik, E-Tactical, buatan PT LEN Industri, dipamerkan di IEMS 2021Kompas.com/Donny Motor trail listrik, E-Tactical, buatan PT LEN Industri, dipamerkan di IEMS 2021

Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Moeldoko menyatakan, IEMS 2021 jadi salah satu cara untuk menstimulus seluruh pihak termasuk para pemangku kepentingan untuk melakukan riset kendaraan listrik.

Pun, sebagai upaya mendorong ekosistem kendaraan listrik sebagai bagian dari transisi energi.

"IEMS 2021 ini akan mendorong program percepatan penggunaan terhadap kendaraan listrik berbasis baterai sebagai alat transportasi sebagaimana tertuang dalam Perpres 55/2019," kata Moeldoko dalam keterangan tertulis yang dilansir Antara, Senin (30/11/2021).

"Transisi energi menjadi keharusan, sehingga harus diperkuat pondasi sebaik-baiknya. Kendaraan listrik tidak bisa ditunda. Jangan sampai kita terlena lagi, ketinggalan lagi sehingga hanya menjadi penonton dan hanya menjadi pasar," kata Moeldoko.

Baca juga: Resmi, IIMS 2022 Digelar Februari di JIExpo

Toyota C+Pod di acara pameran IEMS 2021TAM Toyota C+Pod di acara pameran IEMS 2021

IEMS 2021 diinisiasi oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) bekerja sama dengan Majalah Transportasi Indonesia. IEMS ke-2 ini dibuka Kepala BRIN Laksana Tri Handoko, Moeldoko dan beberapa pejabat pemerintah lainnya.

Kepala BRIN Laksana Tri Handoko mengatakan kegiatan riset dan inovasi pada kendaraan listrik dapat menjadi titik penting untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik di Indonesia.

"Tidak kalah penting, regulasi serta insentif juga harus disinergikan, komitmen pemerintah telah terlihat dengan adanya target menghentikan penjualan kendaraan konvensional pada 2040 untuk roda dua, dan 2050 untuk roda empat," ucap dia.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.