PLN Usul Colokan SPKLU di Indonesia Harus Seragam

Kompas.com - 27/11/2021, 07:02 WIB
Ilustrasi SPKLU KOMPAS.com/RulyIlustrasi SPKLU

TANGERANG, KOMPAS.com – Demi mendukung ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai (KBLBB), PT PLN (Persero) menilai perlu ada standardisasi charging station yang diterapkan di Indonesia.

Bob Saril, Direktur Niaga dan Manajemen Pelanggan PLN, mengatakan, standardisasi penting karena dapat menjadi acuan bagi produsen untuk menggunakan baterai dan alat pengisian daya (charger) yang sesuai.

“Kita memiliki semua sumber daya yang ada. Dan sumber daya ini harus kita standardisasi, supaya itu menjadi acuan orang,” ujar Bob, dalam seminar IEMS 2021 di Serpong, Tangerang (24/11/2021).

Baca juga: Benarkah Matikan AC Mobil Saat Jalan Menanjak Bisa Tambah Tenaga Mesin?

Nissan resmikan SPKLU pertama dengan PLNKOMPAS.com/STANLY RAVEL Nissan resmikan SPKLU pertama dengan PLN

“Mengapa ada Chademo dari Jepang, China juga membuat, itu karena agar menang dalam persaingan tersebut,” kata dia.

Bob juga mengatakan, standardisasi alat pengisian daya dapat meningkatkan efisiensi pengguna. Sekaligus memudahkan konsumen para pemakai kendaraan listrik.

“Misalnya colokan listrik, tiap negara itu memiliki bentuk-bentuk berbeda. Tapi nanti ketika masuk ke Indonesia itu hanya satu saja,” ucap Bob.

Baca juga: Honda Bicara soal Nasib Mobilio

aplikasi Charge.In untuk mengetahui SPKLU terdekatDok PLN aplikasi Charge.In untuk mengetahui SPKLU terdekat

Selain itu, Bob juga mengatakan, platform aggregator idealnya harus mampu memberikan efektivitas dan efisiensi secara total terhadap akselerasi pengembangan ekosistem kendaraan listrik.

“Aggregator ini juga berfungsi sebagai salah satu alat untuk mempertanggungjawabkan insentif yang diberikan pemerintah,” ucap Bob.

“Untuk itu kita perlu buat terstandarisasi yang mengerucut menjadi satu dan dipegang oleh negara, karena ini kepentingan negara,” tuturnya.

Baca juga: Mitsubishi Buka Suara Mobil Listrik Murah di Indonesia

 Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero) Dok. PLN Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) PT PLN (Persero)

Seperti diketahui, PLN telah mengembangkan platform Charge.IN yang terintegrasi dengan aplikasi PLN Mobile sebagai salah satu platform aggregator.

Aplikasi ini akan memudahkan pengguna kendaraan listrik dalam memonitor lokasi SPKLU yang aktif, transaksi yang dilakukan, serta jumlah energi yang telah dikonsumsi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.