Suzuki Ertiga Terbakar di Jakarta Timur, Pahami Penyebabnya

Kompas.com - 30/11/2021, 07:12 WIB
Sebuah mobil Suzuki Ertiga bernomor polisi B 2683 KZF hangus terbakar di Jalan Tol Wiyoto Wiyono, wilayah Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (29/11/2021). Dok. Sudin Gulkarmat JaktimSebuah mobil Suzuki Ertiga bernomor polisi B 2683 KZF hangus terbakar di Jalan Tol Wiyoto Wiyono, wilayah Cipinang Cempedak, Jatinegara, Jakarta Timur, Senin (29/11/2021).

JAKARTA, KOMPAS.com - Insiden mobil terbakar secara tiba-tiba belakangan ini kerap terjadi. Paling baru menimpa mobil Suzuki Ertiga bernomor polisi B 2683 KZF yang hangus terbakar di Jalan Wiyoto Wiyono, Jakarta Timur, Senin (29/11/2021).

Kepala Seksi Operasi Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) Jakarta Timur Gatot Sulaeman mengatakan, kebakaran tersebut terjadi karena adanya korsleting listrik pada mesin mobil.

“Indikator engine system menyala, tiba-tiba keluar api di bagian kap mobil. Api kemudian menyebar ke seluruh bodi mobil,” ucap Gatot dikutip dari Kompas.com, Senin (29/11/2021).

Baca juga: Pantau Mobilitas Libur Nataru, Polri Libatkan 179.814 Personel Gabungan

Agar kejadian seperti itu tidak terus terulang, ada baiknya jika pemilik mobil wajib mengetahui ciri mobil yang akan terbakar dan langkah-langkah penyelamatan yang harus dilakukan. Tak terkecuali penyebab utama mobil itu terbakar.

Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan, penyebab mobil terbakar bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti pemasangan aksesoris kelistrikan yang tidak tepat, atau bisa juga karena overheat.

Ilustrasi mesin overheatSHUTTERSTOCK Ilustrasi mesin overheat

“Naiknya indikator suhu mesin bisa menandakan adanya malfungsi pada sistem pendingin. Kondisi ini yang bisa menyebabkan panas mesin meningkat. Jika kondisinya sudah parah, efeknya akan sangat banyak bahkan bisa menyebabkan terjadinya kebakaran,” ucap Didi.

Tidak hanya itu, bagian radiator yang bocor atau ada yang tersumbat bisa menjadi penyebab lain karena permasalahan tutup radiator atau motor fan yang rusak.

Biasanya mesin yang mengalami overheat bisa dilihat dari indikator temperatur yang langsung menempati posisi ‘H’ (Hot). Kalau sudah begini perfoma mesin pasti terasa menurun, dan sebaiknya mobil langsung dihentikan sejenak.

Baca juga: Bahas Ragam Fitur Hyundai Staria

“Jika sudah begitu, sebaiknya segera menepi di tempat aman dan keluar dari mobil. Amankan penumpang terlebih dahulu, setelah itu dokumen berharga. Bila api sudah terlihat tinggalkan barang bawaan dan jangan panik.

Segera minta bantuan dan laporkan kejadian ke pemadam kebakaran atau petugas kepolisian terdekat. Jika memiliki APAR, bisa digunakan untuk penindakan awal.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.