Cerita Rifat Sungkar Menang di Sprint Reli Pakai Mitsubishi Xpander

Kompas.com - 29/11/2021, 15:12 WIB
XPander AP4 Bawa Rifat Sungkar Jadi Juara Nasional Sprint Reli MitsubishiXPander AP4 Bawa Rifat Sungkar Jadi Juara Nasional Sprint Reli

JAKARTA, KOMPAS.com - Pebalap nasional Rifat Sungkar berhasil menjadi juara nasional sprint rally 2021 yang digelar di Meikarta pada 26-27 November 2021.

Pencapaian tersebut merupakan perjalanan panjang setelah di beberapa perlombaan sebelumnya Rifat telah menjalani berbagai tahapan kejuaraan sprint rally nasional yang digelar tahun ini.

Mengendarai Mitsubishi Xpander AP4, pebalap kelahiran 22 Oktober 1978 itu berhasi menggeber mobil hingga maksimal.

Di dua seri yang ada di Meikarta, Cikarang itu Rifat berhasil duduk di posisi ketiga. Capaian itu tidak menggoyahkan dirinya dan sang navigator M Redwan, dari posisi teratas kejuaraan nasional sprint rally 2021. Pasalnya, di seri-seri lainnya mereka berhasil beberapa kali meraih podium.

Baca juga: Skema Kredit Xenia Model Baru, Cicilan Mulai Rp 3 Jutaan

Di putaran 1 yang digelar di Tanjung Lesung, Banten, mereka berhasil menjuarai putaran 1. Hasil yang sama juga mereka raih di Putaran 3 di Sentul, Jawa Barat. Sementara di Putaran 2 berada di podium runner up.

Rifat mengatakan, keberhasilannya di ajang sprint reli nasional 2021 setidaknya membuktikan bahwa mobil keluarga juga bisa digunakan untuk kegiatan balap.

"Ini agak gila karena balapan (pakai) MPV, karena semua orang gunakan hatchback," ujar Rifat Sungkar, dalam keterangan resminya, Senin (29/11/2021).

Rifat mengatakan, konsep mobil Mitsubishi Xpander AP4 yang dia gunakan sedikit banyak terbantu dari kondisi topografi lokasi sprint reli yang ada di Indonesia. Menurutnya, lokasi yang digunakan tidak berorientasi pada kecepatan tinggi.

Pebalap nasional Rifat Sungkar berhasil menjadi juara nasional sprint rally 2021 Mitsubishi Pebalap nasional Rifat Sungkar berhasil menjadi juara nasional sprint rally 2021

“Jadi fungsi dari aerodinamika yang ada tidak begitu berpengaruh pada handling atau pengendalian mobil. Beda kalau kita reli di Finlandia atau Swedia misalnya," ucapnya.

Rifat melanjutkan, beberapa kelebihan yang ia rasakan selama lomba dengan Mitsubishi Xpander AP4 adalah dari segi dimensi. Menurutnya, dimensi mobil tidak jauh berbeda dengan mobil-mobil reli yang pernah ada, misalnya Mitsubishi Evolution.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.