Jajal Kawasaki KLX 150 Listrik di IIMS Motobike Show 2021

Kompas.com - 29/11/2021, 15:01 WIB
Kawasaki KLX150 berjantung listrik garapan Mandhasia Garage Foto: KOMPAS.com/FathanKawasaki KLX150 berjantung listrik garapan Mandhasia Garage
|

 

JAKARTA, KOMPAS.com - Kawasaki KLX150 berjantung listrik hadir di IAM Automodified x IIMS Motobike Show. Motor trail elektrik itu merupakan motor konversi garapan Mandhasia Garage.

Untuk menghilangkan penasaran, Kompas.com menjajal sebentar KLX150 listrik di seputar area. Merasakan bagaimana impresi perdananya meski bukan di habitat aslinya di medan tanah.

Soal desain KLX150 listrik dibuat ala motor standar. Adetya dari Mandhasia Garage, mengatakan, sengaja membuat tampilannya seperti standar karena motor memang dibuat untuk off road.

Baca juga: Lelang Sedan Eropa Audi A4 V6 2.6, Limit Cuma Rp 25 Juta

 

Kawasaki KLX150 berjantung listrik garapan Mandhasia GarageKOMPAS.com/Fathan Kawasaki KLX150 berjantung listrik garapan Mandhasia Garage

Secara eksterior perbedaan dengan motor standar hanya di bagian mesin. Jantung 150cc, 4-tak kini diganti dinamo mid drive QS Motor 128 V3 3KW, baterai lithium 72V42Ah, dan FOC controller 120A.

Kemudian perbedaan lain yaitu sakelar atau tombol-tombol di pangkal setang untuk menyesuaikan kebutuhan. Contohnya ialah penambahan kontak on, kemudian tombol drive mode dan turbo.

Saat pertama kali mencoba KLX150 listrik hampir tidak ada perbedaannya. Dimensinya tetap sama, untuk pemilik tubuh dengan tinggi 170cm ke bawah dipastikan tetap jinjit.

 

Kawasaki KLX150 berjantung listrik garapan Mandhasia GarageKOMPAS.com/Fathan Kawasaki KLX150 berjantung listrik garapan Mandhasia Garage

Gas diputar dan motor langsung bergerak. Satu hal yang Kompas.com rasakan ialah tenaganya terasa padat, gerak motor sesuai dengan putaran gas meski dalam hal ini berjalan cukup pelan.

Karena motor punya tiga mode, yaitu eco, standar dan sport, Kompas.com langsung mencoba yang sport. Tarikannya cukup kuat dan bisa membuat badan tertarik ke belakang.

Baca juga: PO EPA Star Rilis Lagi Empat Unit Bus dari Karoseri Tentrem

Ada juga mode turbo tapi tidak dicoba karena area yang kurang mendukung. Adetya menjelaskan, turbo ini diibaratkan sebagai gigi keempat dan paling tinggi.

 

Kawasaki KLX150 berjantung listrik garapan Mandhasia GarageKOMPAS.com/Fathan Kawasaki KLX150 berjantung listrik garapan Mandhasia Garage

"Jadi dia baypass di ampere-nya. Kalau pakai di model normal 1,2,3 setingan KLX 150 ini 120 ampere tapi kalau pakai setingan turbo ini jadi 150 ampere, jadi tenaganya lebih ngisi," katanya kepada Kompas.com, akhir pekan lalu.

Di atas kertas motor bisa menempuh jarak 50-70 km tergantung gaya berkendara dan mode yang digunakan. Adapun kecepatan maksimumnya mencapai 70 kpj.

Buat yang tertarik untuk melakukan konversi, Mandhasia Garage juga menjual paketan konversi motor listrik Kawasaki KLX150 listrik ini seharga Rp 35 juta tidak termasuk motor.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.