Pemkab Banyumas Luncurkan Bus Trans Banyumas Awal Desember 2021

Kompas.com - 27/11/2021, 11:22 WIB
Bus Trans Banyumas akan beroperasi awal Desember 2021. KOMPAS.COM/DOK PEMKAB BANYUMASBus Trans Banyumas akan beroperasi awal Desember 2021.

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyumas, Jawa Tengah segera meluncurkan bus Trans Banyumas, Desember 2021. Trans Banyumas merupakan layanan bus bantuan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui program Buy The Service (BTS) yang gratis bagi masyarakat umum.

Kepala Dinas Perhubungan (Dinhub) Banyumas Agus Nur Hadi mengatakan, ada 52 unit bus jenis medium yang merupakan bantuan dari Kemenhub. 

Baca juga: Kesulitan Jual Motor Listrik di Indonesia

"Rencananya akan mulai dioperasikan tanggal 5 Desember 2021" kata Agus dilansir Kompas.com, Kamis (25/11/2021).

Dari bus yang tersedia, 46 bus akan digunakan reguler dan 6 bus lainnya untuk cadangan. Bus tersebut akan melayani rute yang menghubungkan wilayah Purwokerto dengan beberapa kecamatan di Kabupaten Banyumas.

Bus Trans Banyumas akan mulai dioperasikan awal bulan Desember 2021.KOMPAS.COM/DOK PEMKAB BANYUMAS Bus Trans Banyumas akan mulai dioperasikan awal bulan Desember 2021.

Agus mengatakan, untuk sementara masyarakat yang menggunakan layanan bus tersebut tidak dipungut biaya alias gratis. Pasalnya hingga saat ini belum ada regulasi dari Kemenhub yang mengatur besaran tarif bus BTS.

Layanan bus serupa, kata Agus, juga telah diluncurkan di sejumlah kota besar Indonesia, yaitu Palembang, Medan, Solo, Yogyakarta, dan Makassar.

Baca juga: Kendaraan Listrik di Indonesia Bakal Punya 5 Jenis Pelat Nomor

"Sampai belum ditetapkan (regulasinya) masih gratis, kami belum tahu sampai kapan. Kalau berkaca dari lima kota yang sudah beroperasi lebih dulu masih gratis juga," ujar Agus.

Agus menjelaskan, nantinya pembayaran bus Trans Banyumas akan menggunakan sistem pembayaran non-tunai. Untuk dapat menikmati layanan bus tersebut penumpang harus menginstall aplikasi Teman Bus terlebih dahulu.

"Aplikasi bisa diunduh dari Play Store atau App Store. Pembayarannya non-tunai memakai kartu," kata Agus.

Petugas merapikan area halte bus Transjakarta Kampung Melayu di Jakarta Timur, Minggu (28/5/2017). Pembenahan dilakukan pasca-bom yang meledak Rabu (24/5/2017) dan membuat beberapa bagian halte rusak.KOMPAS.com / ANDRI DONNAL PUTERA Petugas merapikan area halte bus Transjakarta Kampung Melayu di Jakarta Timur, Minggu (28/5/2017). Pembenahan dilakukan pasca-bom yang meledak Rabu (24/5/2017) dan membuat beberapa bagian halte rusak.

Menurut Agus, sistem tersebut akan mulai diterapkan saat awal pengoperasian Bus Trans Banyumas meskipun masih gratis.

Halaman:


Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.