Jangan Sembarangan Lepas Filter Udara Sepeda Motor

Kompas.com - 21/11/2021, 15:21 WIB
Filter udara pada sepeda motor IstimewaFilter udara pada sepeda motor

SOLO, KOMPAS.com - Sepeda motor yang menggunakan teknologi injeksi memiliki komponen penyaring udara yang masuk ke ruang bakar. Komponen ini adalah filter udara. Tanpanya, kotoran akan mudah masuk dan menyebabkan pembakaran jadi tidak sempurna.

Namun sebagian pemilik motor ada yang beranggapan bahwa melepas filter udara sepeda motor diyakini bisa menaikkan performa kendaraan.

"Bisa tapi tidak akan tahan lama, soalnya pada pembakaran harus seimbang antara bahan bakar dan udara. Kalau filter udara dilepas maka porsi udara jadi lebih besar," ujar Muhammad Ali, salah satu mekanik bengkel AHASS Solo, kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Baca juga: Tipe Mobil yang Dapat Diskon PPnBM Bertambah, Simak Daftarnya

Apabila filter udara dilepas demi mendongkrak performa, maka seharusnya perlu dilakukan setting ulang agar campuran bahan bakar dan udara di ruang bakar bisa seimbang. Sebab yang dicari adalah pembakaran sempurna agar kerja mesin optimal.

Filter udara motor kotormazped.com Filter udara motor kotor

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ada pula risiko lain ketika filter udara sembarangan dilepas. Karena tidak ada penyaring udara yang masuk, tentu debu halus dan partikel kotoran bakal mudah ikut masuk ke ruang pembakaran.

Ketika kotoran mudah masuk, jelas berakibat ruang pembakaran jadi kotor sehingga sejumlah komponen berisiko rusak seperti baret pada dinding silinder. Selain itu busi pun juga mudah kotor. Ketika busi saja sudah kotor, percikan api bisa terhalang residu yang menumpuk sehingga pembakaran jadi tidak sempurna.

Baca juga: Komparasi MPV Murah New Xenia dan New Xpander

Oleh sebab itu, pertimbangkan kembali sebelum memutuskan melepas filter udara. Jika urung melakukannya, ingat untuk mengganti filter ini secara rutin.

Filter udara yang sudah kotor wajib segera diganti. Jika tidak, suplai udara akan berkurang karena terhambat tumpukan residu tersebut. Perbandingan bahan bakar dengan udara pun jadi tidak seimbang di dalam ruang pembakaran.

Akibat lain dari filter udara yang kotor adalah tarikan motor jadi terasa lebih berat. Selain itu, pada RPM tinggi tenaga motor akan terasa seperti terhambat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.