GIIAS 2021 Resmi Ditutup, Gaikindo Tak Sebut Nilai Transaksi

Kompas.com - 21/11/2021, 09:22 WIB
Toyota Agya di GIIAS 2021 KOMPAS.com/DioToyota Agya di GIIAS 2021

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang dihelat di International Convention Center (ICE) BSD, Tangerang resmi ditutup pada Sabtu, 20 November 2021.

Menggunakan protokol kesehatan ketat imbas pandemi Covid-19, pameran diklaim berlangsung positif terhadap pergerakan pemulihan ekonomi dalam negeri, khususnya pada industri otomotif.

"Industri otomotif bagaikan lokomotif yang menarik banyak gerbong pada industri pendukung lainnya. Hal ini membuat 1,5 juta pekerja merasakan dampaknya," kata Ketua Gaikindo Yohannes Nangoi di seremoni penutupan GIIAS 2021, Jumat (20/11/2021).

Baca juga: Potensi Indonesia Jadi Pemain Global di Industri Kendaraan Listrik

Booth Suzuki di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021KOMPAS.com/Gilang Booth Suzuki di Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021

"Jadi semuanya terdampak atas pameran ini dari sektor industri makanan, mas-mas tukang lap, mbak-mbak cantik atau usher yang berada di booth, sampai food court selalu ramai," lanjut dia.

Hanya saja, Nangoi tak mengatakan secara rinci mengenai transaksi yang telah diperoleh selama pameran berlangsung. Sebab, hal tersebut dinilai sebagai bonus saja.

"28 tahun positioning GIIAS di industri, merupakan ajang pamer teknologi otomotif, karena industri ini memang terus berkembang," katanya.

Adapun GIIAS 2021 sendiri, diselenggarakan pada 11-21 November 2021 di ICE BSD, Tangerang. Berbagai merek otomotif meramaikan helatannya baik dari mobil, motor, sampai merek pendukungnya.

Baca juga: Hujan Deras, Race 1 WSBK Mandalika Ditunda

Booth Hyundai di GIIAS 2021 yang menampilan deretan mobil listrik seperti Kona EV dan Ioniq EV.KOMPAS.com/DIO DANANJAYA Booth Hyundai di GIIAS 2021 yang menampilan deretan mobil listrik seperti Kona EV dan Ioniq EV.

Pabrikan roda empat atau lebih, diisi oleh Audi, BMW, Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, Kia, Lexus, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, VW, Wuling.

Kemudian ada Isuzu, Hino, Mitsubishi, dan Scania yang meramaikan di segmen kendaraan komersial. Untuk roda dua, ada Honda dan Benelli.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.