Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Laporan Langsung dari Sirkuit Mandalika

Hyundai i30 Fastback N Jadi Safety Car di WSBK, Apa Tugasnya?

Kompas.com - 21/11/2021, 13:11 WIB
Aprida Mega Nanda,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

MANDALIKA, KOMPAS.com - Hyundai Motor Company melalui Hyundai Motorsport menghadirkan unit dengan performa tinggi, Hyundai i30 Fastback N, yang ditunjuk sebagai safety car di World Superbike (WorldSBK) di Pertamina Mandalika International Street Circuit, pada 19 - 21 November 2021.

Sebagai informasi, Hyundai i30 Fastback N sudah bermitra sebagai safety car selama tiga musim di WSBK.

“Hyundai sangat antusias untuk mengumumkan kemitraan dengan WorldSBK karena Hyundai memiliki DNA yang sama dengan ajang ini. Mulai dari brand experience hingga driving experience. Kemitraan ini merupakan kesempatan baik untuk mempertunjukkan produk Hyundai berperforma tinggi kepada semua penggemar balap motor maupun mobil,” ucap Makmur, Chief Operating Officer PT Hyundai Motors Indonesia.

Baca juga: Potensi Indonesia Jadi Pemain Global di Industri Kendaraan Listrik

Lantas, apa sebetulnya fungsi Safety Car di lintasan balap?

Sebelum balapan motor atau mobil dimulai, bakal ada mobil bertuliskan Safety Car yang mengelilingi sirkuit. Mobil ini akan keluar sebelum melakukan warm up atau pemanasan.

Walau terkesan hanya seremoni, ada tugas penting yang dilakukan oleh Safety Car. Sesuai namanya, mobil ini digunakan untuk memastikan keselamatan pebalap terutama yang menyangkut keamanan di lintasan sirkuit.

Tak hanya itu, Safety Car juga bertugas menginspeksi kondisi lintasan sirkuit apakah ada sesuatu yang bakal mengganggu jalannya balapan, haruskah diundur atau dihentikan.

Hyundai i30 Fastback N
Hyundai Hyundai i30 Fastback N

Di dalam Safety Car terdapat dua orang, pengemudi dan navigator. Keduanya berkoordinasi dengan Race Director untuk memberikan laporan mengenai kondisi sirkuit.

Setelah inspeksi lap pertama selesai, Safety Car tak langsung mausk pit lane, namun tetap berada di belakang barisan terakhir dan mengikuti jalannya balapan pada lap pertama.

Baca juga: Federal Oil Lanjutkan Kolaborasi dengan Gresini Racing di MotoGP

Mengapa demikian, sebab lap pertama cukup krusial dan bisa terjadi insiden, terutama di tikungan. Setelah pebalap melewati lap pertama, Safety Car baru akan masuk ke pit.

Tak heran, jika mobil yang digunakan sebagai safety car harus memiliki kemampuan yang mumpuni dan dikendalikan oleh pengemudi yang andal dalam melibas sirkuit.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com