Kompas.com - 13/11/2021, 19:02 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada ajang pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021, deretan motor listrik dan skuter listrik ikut unjuk gigi juga. Salah satunya adalah Quest Motors.

Perusahaan startup yang bermarkas di Bandung ini ikut memamerkan produk pertamanya, yakni skuter listrik dengan dimensi yang mungil. Skuter ramah lingkungan tersebut diberi nama Atom Alpha.

Baca juga: Tatamel Bike, Skuter Listrik Lipat Ala Motocompo

"Ini kita kembangkan di Bandung, semuanya. Kita punya tim melingkupi desain produk, branding, software engineer, dan hardware engineer. Perakitan juga di Bandung. Kita mulai produksi sekitar bulan September," ujar Niko Questera, pendiri Quest Motors, saat ditemui di booth-nya, Kamis (11/11/2021).

Quest Motors kenalkan skuter listrik mungil bernama Atom AlphaKompas.com/Donny Quest Motors kenalkan skuter listrik mungil bernama Atom Alpha

Niko mengatakan, dia menghadirkan Atom Alpha dengan tiga tipe yang dibedakan dari kapasitas baterainya. Secara jarak, terbagi menjadi tiga tipe, mulai dari 8 km, 16 km, dan 24 km.

"Untuk 8 km dibanderol Rp 12,9 juta, 16 km dibanderol Rp 14,9 juta, dan 24 km harganya Rp 16,9 juta," kata Niko.

Niko mengatakan, dari harga sebenarnya cukup terjangkau, kalau mau dibandingkan dengan yang lain. Dia mengaku memang mau mengincar penetrasinya dulu. Jadi, memang tidak ingin terlalu mahal harganya.

Baca juga: BMW Motorrad Pamer Skuter Listrik CE 04 Versi Kendaraan Polisi

"Batch pertama, kita produksi 30 unit dan sudah laku. Nanti, begitu 30 unit ini sudah selesai, sudah dikirim, berikutnya kita mau bikin 100 unit," ujar Niko.

Quest Motors kenalkan skuter listrik mungil bernama Atom AlphaKompas.com/Donny Quest Motors kenalkan skuter listrik mungil bernama Atom Alpha

Niko menjelaskan, pihaknya sengaja membuat Atom Alpha masuk kategori skuter, dari segi ukuran dan kecepatan. Secara segmentasi, Niko mengaku tidak menyentuh ranahnya merek-merek otomotif lainnya yang sudah besar.

"Pertama, karena kita tidak punya supply chain, distribusi, service center, yang menyeluruh. Jadi, kita mengincar suatu barang yang bisa dinikmati oleh semua macam umur, tanpa SIM, KTP, dan lain-lain," kata Niko.

"Selain itu, bisa dibawa dengan mobil dan dibawa ke tempat-tempat liburan. Kita memang tidak mengarahkan ini sebagai kendaraan yang bisa digunakan untuk berkendara jauh, lebih ke pariwisata, liburan, dan senang-senangnya," ujarnya.

Quest Motors kenalkan skuter listrik mungil bernama Atom AlphaKompas.com/Donny Quest Motors kenalkan skuter listrik mungil bernama Atom Alpha

Halaman:


Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.