Stoner Bicara Alasan Pensiun dan Sindir Rossi

Kompas.com - 22/10/2021, 17:21 WIB
Casey Stoner. MOTORSPORT.comCasey Stoner.
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Untuk kesekian kali Casey Stoner kembali menceritakan alasannya pensiun dini dari MotoGP. Tapi kini pebalap Australia itu ikut membawa nama Valentino Rossi.

Seperti diketahui Stoner pensiun saat di puncak karier. Padahal jika melihat rekan-rekan seangkatannya dia masih punya waktu beberapa tahun untuk balapan di kelas premier.

“Mengapa saya pensiun? Sederhana saja, saya selalu menyukai mesin 2-tak. Bagi saya itu adalah motor sesungguhnya untuk balapan," kata Stoner mengutip Tuttomotoriweb.it, Jmuat (22/10/2021).

Baca juga: Toyota Buka Suara Soal Nasib LCGC Terkait Kebijakan Pajak Emisi

Rossi dan Stoner Foto: Crash Rossi dan Stoner

"Sulit tak terduga, ketika saya pindah dari 250 ke MotoGP saya menemukan 4-tak lebih mudah. Pertama elektronik, yang mengambil banyak kendali, lalu aerodinamis dan kecanggihan yang semakin meningkat,” katanya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Saya suka mengendarai motor, untuk mengendalikannya,” katanya.

Juara dunia dua kali itu mengatakan balapan motor berbahaya dan sulit. Di satu sisi MotoGP menjelma jadi lebih kencang tapi juga lebih mudah. Tes yang dilakukan juga jadi tidak terlalu banyak.

"Karena MotoGP telah menjadi apa pun, kecuali waktu tes telah menyusut, kami mencoba untuk menghabiskan lebih sedikit untuk tes sementara biaya lainnya meningkat sangat besar," katanya.

Duel antara Valentino Rossi dan Casey Stoner di GP Amerika Serikat di Sirkuit Laguna Seca pada musim 2008.MotoGP Duel antara Valentino Rossi dan Casey Stoner di GP Amerika Serikat di Sirkuit Laguna Seca pada musim 2008.

"Anda semua tahu betapa saya mencintai kewajiban dengan media," ungkap Stoner.

"Yah pada akhirnya saya menyadari bahwa komitmen utama saya adalah segalanya dan mungkin,saya mendedikasikan 5 persen atau 10 persen untuk balapan. Ini tidak lagi membuatku tergelitik,” katanya.

Baca juga: Catat Bocoran Daftar Mobil Baru yang Meluncur di GIIAS 2021

Stoner pensiun usai musim 2012 di tim Repsol Honda. Stoner mengatakan, dia selalu menghormati Rossi dan belajar banyak dari The Doctor.

Pebalap Ducati musim 2009, Casey Stoner memenangi seri balap MotoGP Qatar di Sirkuit Losail Qatar dalam balapan yang digelar pada hari Senin (14/8/2018).  Inilah terakhir kalinya balap MotoGP dihelat pada hari Senin.AutoEvolution Pebalap Ducati musim 2009, Casey Stoner memenangi seri balap MotoGP Qatar di Sirkuit Losail Qatar dalam balapan yang digelar pada hari Senin (14/8/2018). Inilah terakhir kalinya balap MotoGP dihelat pada hari Senin.

Tapi Stoner juga sedikit menyindir Rossi yang menurutnya pintar dalam menghadapi media dan menggunakan hal itu untuk keuntungannya.

“Sebenarnya saya harus mengatakan bahwa saya telah mengagumi Rossi sejak saya berada di GP 125,” kata Stoner.

“Saya belajar banyak darinya karena dia adalah pebalap yang melakukan hal-hal yang tidak bisa dilakukan orang lain. Saya belajar banyak. Rossi selalu sangat baik, bahkan dalam menggunakan pers yang menguntungkannya," katanya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.