Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sudah Tahu Letak Stiker Keterangan Tekanan Udara Ban Mobil?

Kompas.com - 18/10/2021, 11:42 WIB
Aprida Mega Nanda,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Saat ini penggunaan kendaraan roda empat merupakan hal yang umum terutama di Ibu Kota. Namun masih ada pemilik mobil yang belum tahu berapa tekanan ban yang tepat untuk kendaraannya, terutama bagi pengemudi wanita atau pemula.

Tidak jarang dari mereka yang kebingungan ketika ditanya oleh petugas saat hendak mengisi tekanan udara pada ban.

Head Marketing dari 1 Station Deki mengatakan, saat ini memang masih banyak pelanggannya yang tidak mengetahui berapa tekanan udara untuk kendaraannya. Bahkan, konsumen tersebut juga tidak mengetahui kalau ada stiker yang menuliskan berapa tekanan udara yang ideal.

Baca juga: Alasan Mitsubishi L300 Selalu Jadi Pilihan Pebisnis di Indonesia

“Setiap mobil pada umumnya memiliki stiker dengan tulisan keterangan berapa tekanan udara yang sesuai, tergantung sedang membawa berapa orang dan barang, lengkap keterangannya ada di situ,” ucap Deki kepada Kompas.com belum lama ini.

posisi stiker tekanan udara banKompas.com/Fathan Radityasani posisi stiker tekanan udara ban

Lokasi stiker biasanya menempel pada pintu pengemudi atau penumpang depan atau di pilar bagian dalam. Dalam stiker itu dituliskan informasi lengkap, mulai dari tekanan udara ketika mobil membawa beberapa penumpang dan barang.

Baca juga: Mengenal Ciri-ciri Busi Mati Melalui Suara Mesin Mobil

“Mengetahui tekanan udara ban rekomendasi dari pabrikan cukup melihat dari stiker tersebut. Informasinya sudah lengkap. Tekanan udara harus sesuai, jangan sampai kelebihan atau kekurangan udara,” kata Deki.

Sebab, menurut Deki, jika kelebihan atau kekurangan udara, salah satu efeknya yaitu bisa membuat ban gundul tidak merata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com