Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rem Blong, Truk Ini Terhindar dari Kecelakaan Berkat Jalur Penyelamat

Kompas.com - 17/10/2021, 15:02 WIB
M. Adika Faris Ihsan,
Aditya Maulana

Tim Redaksi

BREBES, KOMPAS.com - Belum lama ini, tepatnya pada Kamis (7/10/2021), terjadi peristiwa rem blong yang dialami oleh truk kontainer di jalur fly over (FO) Kretek, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah.

Beruntung, pengemudi truk tersebut dapat mengarahkan truknya menuju jalur penyelamat sehingga kecelakaan dapat dihindari.

Jalur penyelamat memang jadi salah satu fasilitas yang wajib ada di setiap jalur umum dengan elevasi jalan naik turun. Jalur penyelamat berfungsi sebagai emergency safety area yang dapat menghentikan laju kendaraan dan mencegah terjadinya kecelakaan.

Baca juga: Tampang Toyota Avanza Veloz Generasi Baru Bocor, Begini Visualnya

Standarnya, jalur penyelamat harus memiliki dasar permukaan berupa kerikil (gravel) dan pasir. Sebab kedua material tersebut mampu menahan laju kendaraan dengan efektif. 

Pada ujung jalur penyelamat wajib diberi bantalan untuk meredam benturan. Pemanfaatan tumpukan ban adalah salah satu contoh bantalan tersebut.

Rem Blong Diakibatkan Pengemudi Lalai

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Gejolak Kawula Muda (@gejolak_kawula_muda)

Dari penuturan pengemudi truk yang mengalami kejadian rem blong tersebut, ia mengatakan bahwa truk melaju dengan gigi perseneling berada pada posisi 3. Besar kemungkinan, pengemudi hanya mengandalkan rem utama saat truk melaju di turunan fly over.

Bambang Widjanarko, Wakil Ketua Asosiasi Pengusaha Truk Indonesia (Aptrindo) Jawa Tengah dan DIY, menjelaskan bahwa pantang bagi pengemudi truk menggunakan gigi perseneling 3 bahkan lebih saat sedang melalui jalan menurun.

"Tidak ada di dalam kamus, bahwa untuk menuruni tanjakan seperti di fly over Kretek pakai gigi 3. Untuk turunan tajam sebaiknya pengemudi menggunakan gigi 1 lalu mengaktifkan exhaust brake," ujar Bambang kepada Kompas.com, Minggu (17/7/2021).

Baca juga: Siap Meluncur, Avanza Veloz Baru Sudah Bisa Dipesan

"Jadi selama menuruni turunan, kaki harus free, bebas dari kerjaan tidak boleh menginjak pedal apapun. Hanya sesekali saja menginjak pedal rem itu pun jika rpm (putaran mesin) naik hampir menyentuh batas merah," katanya melanjutkan.

Ia menekankan bahwa pengemudi harus selalu ingat dan paham, saat sudah melewati rambu peringatan akan memasuki jalur menurun, pengemudi wajib segera mengoper transmisi ke gigi 1.

Perkara sistem pengereman dan keselamatan pada truk kontainer, Bambang mengatakan bahwa tidak ada perbedaan yang signifikan dengan truk biasa.

"Sebenarnya sama saja, ada selang rem dari tractor head yang tersambung ke ekor. Jadi (sistem rem) sama saja, cuma tekanan anginnya diperpanjang melalui selang dari kepala ke ekor," kata Bambang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com