Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Respons Daihatsu Soal Kabar Avanza-Xenia Setop Produksi

Kompas.com - 18/10/2021, 07:02 WIB
Stanly Ravel

Editor

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa hari lalu, redaksi Kompas.com mendapat informasi dari sumber internal yang mengatakan PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mulai menghentikan produksi model Xenia lawas. Hal ini termasuk juga saudarnya, yakni Avanza.

Namun, akhirnya hal itu dijawab singkat oleh Marketing Director dan Corporate Planning & Communication Director PT ADM Amelia Tjandra, melalui pesan yang menepis rumors tersebut.

"Kami masih tetap produksi ya," kata Amel dalam pesan singkatnya yang diterima Kompas.com, Minggu (17/10/2021).

Baca juga: Bocoran Harga Avanza Veloz Terbaru, Mulai Rp 250 Jutaan

Sayang dia tak melanjutkan lebih jauh terkait hal tersebut. Padahal, penampakan generasi baru Toyota Avanza Veloz juga sudah bocor dan tersebar di jejaring media sosial.

Karena seperti diketahui, selama ini kedua MPV murah Avanza-Xenia diproduksi oleh Daihatsu. Secara tak langsung, dengan bocornya tampilan Avanza baru, otomatis akan diikuti Xenia.

Sebelumnya redaksi mendapatkan informasi yang mengabar Daihatsu tak lagi memproduksi model lawas dari MPV murahnya, alias discontinue.

Baca juga: Solar Langka di Tol Trans Jawa Cuma Boleh Beli Maksimal Rp 300.000, Ini Kata Pertamina

"Xenia sudah tak diproduksi lagi, namun untuk service part masih bisa. Konsumen juga tak perlu khawatir lantaran model lamanya masih ready stock/component," tulis sumber internal kepada Kompas.com, Jumat (15/10/2021).

Bocoran Foto Toyota Avanza Veloz Generasi BaruINSTAGRAM/@indra_fathan Bocoran Foto Toyota Avanza Veloz Generasi Baru

Lesu

Dari sisi penjualan, Xenia pada tahun ini memang diakui tak sebaik dengan periode sebelumnya. Bahkan meski ada diskon relaksasi PPnBM, melihat dari data penjualan Daihatsu tetap tak terdongkrak.

Walau mengakui lesunya penjualan Xenia, namun Division Head Marketing & Customer Relation, Astra International-Daihatsu Sales Operation (AI-DSO) Hendrayadi Lastiyoso, menegaskan hal itu bukan karena faktor adanya isu kemunculan generasi barunya.

Hendrayadi mengatakan, inden Xenia sejauh ini masih tinggi. Permintaannya masih baik, namun penjualannya terganggu masalah produksi imbas adanya pengetatan protokol kesehatan di pabrik.

Baca juga: Muncul Gambar Render Xpander Facelift, Pilih Xpander atau Avanza?

Daihatsu Xenia di GIIAS 2019 Daihatsu Xenia di GIIAS 2019

"Tidak terganggu, karena sampai saat ini Xenia indenya masih tinggi. Jadi permintaan terhadap Xenia meski dengan current model dan di tengah-tengah adanya isu yang katanya model baru, masih tetap tinggi," kata Hendrayadi saat konferensi pers virtual, Kamis (14/10/2021).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com