Hyundai Palisade Tertimpa Kontainer, Ingat Antisipasi di Sekitar Truk

Kompas.com - 17/10/2021, 09:21 WIB
Kecelakaan truk terguling yang menimpa Hyundai Palisade di Tol Cipularang (16/10/2021). Screenshot Instagram @infobandungkotaKecelakaan truk terguling yang menimpa Hyundai Palisade di Tol Cipularang (16/10/2021).
|

JAKARTA, KOMPAS.comKecelakaan yang melibatkan kendaraan besar seperti truk dan bus dengan kendaraan penumpang kembali terjadi. Insiden kali ini dialami Hyundai Palisade yang tengah melaju di Tol Cipularang.

Dikutip dari Instagram @infobandungkota, kabarnya ada sebuah truk kontainer yang terguling dan menimpa SUV Palisade di Tol Cipularang KM 91 arah Jakarta pada Sabtu sore (16/10/2021).

Belum diketahui kronologis dan keadaan korban dari kecelakaan tersebut. Namun dampak dari kecelakaan itu, kabarnya ruas tol tersebut mengalami kemacetan parah hingga berjam-jam.

Baca juga: Siap Meluncur, Avanza Veloz Baru Sudah Bisa Dipesan

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh INFO BANDUNG KOTA (@infobandungkota)

Pengemudi pun harus lebih memperhatikan keselamatan berkendara, terutama saat berada di belakang kendaraan besar ataupun saat berdampingan.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre, mengatakan, pengendara harus tetap selalu waspada dengan kendaraan besar, meskipun kebanyakan dari mereka berjalan dengan hati-hati ataupun lambat.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Yang perlu diperhatikan saat berkendara bersama kendaraan besar adalah, pentingnya mengetahui lokasi blind spot kendaraan tersebut," ucap Marcell kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Baca juga: Bocoran Harga Mobil Toyota Setelah Pajak Karbon, Alphard Turun Rp 400 Jutaan

Toyota Alphard tabrak truk terguling di JORRhttps://ntmcpolri.info/ Toyota Alphard tabrak truk terguling di JORR

Menurutnya, semakin besar kendaraan, maka semakin besar juga titik butanya. Untuk diketahui, area blind spot adalah area yang tidak bisa dilihat oleh pengemudi kendaraan besar baik melalui spion ataupun secara langsung.

Kemudian, yang perlu dilakukan ketika berkendara bersama dengan kendaraan besar adalah menjaga jarak. Dengan jarak yang aman, pastinya dapat meminimalisir kejadian yang tidak diduga.

Selain itu, kendaraan besar seperti bus yang mengangkut dan menurunkan penumpang bisa saja secara tiba tiba berganti jalur untuk menaikkan atau menurunkan penumpang.

Baca juga: Rumor Generasi Baru Avanza Veloz Dilengkapi Electronic Parking Brake

Ilustrasi menyalip truk Foto: Quora Ilustrasi menyalip truk

Adapun kendaraaan besar lainnya juga memiliki kemungkinan untuk menghindari rintangan yang ada di depannya.

Terakhir, antisipasi yang perlu dilakukan saat berada di sekitar kendaraan besar adalah jangan menyalip secara tiba-tiba.

“Karena informasi yang kita dapatkan mengenai visual keadaan jalan di depan kendaraan besar sedikit, sebab pandangan kita tertutup oleh dimensi kendaraan itu,” kata Marcell.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.