Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Avanza Baru Pakai HSA, Ini Fungsi Fitur Hill Start Assist

Kompas.com - 17/10/2021, 07:01 WIB
Arif Nugrahadi,
Azwar Ferdian

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - All New Toyota Avanza Veloz dikabarkan akan hadir dengan banyak perubahan dari generasi sebelumnya. Bukan hanya tampilan, namun juga disematkan teknologi kemana terbaru.

Salah satu fitur keamanan yang disematkan dalam All New Avanza Veloz yakni teknologi Hill Start Assist (HSA). Fitur ini bermanfaat bagi pengemudi terutama pada saat di tanjakan.

Baca juga: Tampang Toyota Avanza Veloz Generasi Baru Bocor, Begini Visualnya

Contohnya ketika menghadapi kepadatan lalu lintas di tanjakan. Otomatis mobil akan berhenti sesaat sebelum mulai melaju kembali.

Momen semacam ini terkadang masih ditakutkan oleh para pengemudi pemula atau yang belum biasa menghadapinya.

Ilustrasi mobil dengan dan tanpa fitur Hill Start Assist Ilustrasi mobil dengan dan tanpa fitur Hill Start Assist

Hal ini dijelaskan oleh Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota Astra Motor (TAM) Didi Ahadi mengatakan bahwa fitur ini bisa memudahkan pengemudi mengendalikan mobil untuk melaju usai berhenti di jalan menanjak.

Baca juga: Penampakan Foto Kabin Avanza Veloz Baru, Begini Suasananya

Hill Start Assist merupakan fitur pada sistem pengereman yang menahan kendaraan beberapa detik, untuk mencegah mobil agar tidak turun beberapa saat di tanjakan ketika kaki berpindah dari pedal kopling (bagi mobil manual) ke pedal gas,” ujar Didi kepada Kompas.com beberapa waktu lalu.

Fitur HSA ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan oleh pengemudi sendiri. Biasanya terdapat tombol yang terpasang di dalam kabin dekat dengan pengemudi. Jadi pengemudi bisa memilih untuk menyalakan atau mematikan mode HSA ini.

Toyota Raize saat menjajal fitur Hill Start AssistAzwar F/Kompas.com Toyota Raize saat menjajal fitur Hill Start Assist

Perlu dipahami bahwa bantuan menahan pengereman pada fitur HSA tidak berlangsung lama. Beberapa podusen mobil mengaturnya 2-3 detik.

Sebab sifat kerja HSA hanya menahan posisi mobil untuk sementara agar tidak mudah mundur di tanjakan saat mobil berhenti sesaat.

Baca juga: Siap Meluncur, Avanza Veloz Baru Sudah Bisa Dipesan

Berkat adanya HSA, pengemudi tidak perlu panik. Saat HSA bekerja, ada cukup waktu untuk kaki menginjak pedal gas. Kaki jadi tidak terburu-buru untuk berpindah pedal. Dengan kata lain, HSA turut meningkatkan kenyamanan dalam mengemudi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com