Bocoran Harga Mobil Toyota Setelah Pajak Karbon, Alphard Turun Rp 400 Jutaan

Kompas.com - 16/10/2021, 14:02 WIB
Toyota Alphard Dok. TAMToyota Alphard

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah bakal memberlakukan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 74 Tahun 2021 tentang perubahan atas PP Nomor 73 Tahun 2019 yang isinya mengubah skema Pajak Penjualan atas Barang Mewah (PPnBM).

Dahulu, PPnBM ditentukan berdasarkan model bodi kendaraan, penggerak, serta besaran kubikasi mesin. Sedangkan mulai 16 Oktober 2021, PPnBM disesuaikan dari emisi yang dikeluarkan dari kendaraan tersebut.

Dengan diberlakukan PP Nomor 74 Tahun 2021, beberapa harga mobil jadi turun dan ada juga yang naik. Salah satunya seperti informasi yang Kompas.com dapatkan mengenai harga terbaru dari produk-produk Toyota di Indonesia.

Baca juga: 90.000 Orang Bikin SIM via Aplikasi Sinar

Test Drive Toyota Corolla Altis HybridKompas.com/Dio Test Drive Toyota Corolla Altis Hybrid

Daftar harga mobil Toyota ini dikeluarkan oleh akun harga Toyota Bekasi. Pada foto yang diterima Kompas.com, terlihat beberapa produk yang mengalami penurunan dan kenaikan harga.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Beberapa produk sedan seperti Altis, Camry, dan sedan sport GR Supra mengalami penurunan harga. Untuk Altis, penurunan harga mulai dari Rp 57 jutaan untuk tipe G sampai Rp 89 jutaan untuk yang Hybrid.

Sedangkan Camry, penurunan harganya mulai Rp 54 jutaan untuk tipe G sampai Rp 128 jutaan untuk tipe Hybrid. Berikutnya GR Supra, mengalami penurunan harga Rp 197 jutaan.

Baca juga: Cara Blokir STNK agar Tidak Kena Pajak Progresif

Untuk yang paling besar penurunannya, ada Alphard 3.5 tipe Q, turun Rp 446 jutaan. Awalnya, Alpard tipe ini harganya ada di kisaran Rp 1,99 miliar, sekarang menjadi sekitar Rp 1,54 miliar.

Tipe Alphard yang lain, seperti X dan G, malah mengalami kenaikan harga. Tipe X mengalami kenaikan sekitar Rp 49 jutaan, sedangkan tipe G naik Rp 50 jutaan.

Sedangkan untuk mobil yang menerima potongan PPnBM 100 persen seperti Avanza, Rush, Vios, Yaris, Raize, dan Sienta, tidak mengalami kenaikan. Hal ini disebabkan masih berlakunya potongan PPnBM 100 persen hingga Desember 2021.

Price list Toyota per 16 Oktober 2021DOK. HARGATOYOTABEKAS Price list Toyota per 16 Oktober 2021

Mobil segmen low cost green car (LCGC), kabarnya bakal dikenakan PPnBM 3 persen. Namun sampai saat ini, dalam PP Nomor 73 Tahun 2019, tidak ada yang menyatakan hal tersebut, jadi bisa terkena PPnBM 15 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.