Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hyundai Palisade Tertimpa Kontainer, Ingat Antisipasi di Sekitar Truk

JAKARTA, KOMPAS.com – Kecelakaan yang melibatkan kendaraan besar seperti truk dan bus dengan kendaraan penumpang kembali terjadi. Insiden kali ini dialami Hyundai Palisade yang tengah melaju di Tol Cipularang.

Dikutip dari Instagram @infobandungkota, kabarnya ada sebuah truk kontainer yang terguling dan menimpa SUV Palisade di Tol Cipularang KM 91 arah Jakarta pada Sabtu sore (16/10/2021).

Belum diketahui kronologis dan keadaan korban dari kecelakaan tersebut. Namun dampak dari kecelakaan itu, kabarnya ruas tol tersebut mengalami kemacetan parah hingga berjam-jam.

Marcell Kurniawan, Training Director The Real Driving Centre, mengatakan, pengendara harus tetap selalu waspada dengan kendaraan besar, meskipun kebanyakan dari mereka berjalan dengan hati-hati ataupun lambat.

"Yang perlu diperhatikan saat berkendara bersama kendaraan besar adalah, pentingnya mengetahui lokasi blind spot kendaraan tersebut," ucap Marcell kepada Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Menurutnya, semakin besar kendaraan, maka semakin besar juga titik butanya. Untuk diketahui, area blind spot adalah area yang tidak bisa dilihat oleh pengemudi kendaraan besar baik melalui spion ataupun secara langsung.

Kemudian, yang perlu dilakukan ketika berkendara bersama dengan kendaraan besar adalah menjaga jarak. Dengan jarak yang aman, pastinya dapat meminimalisir kejadian yang tidak diduga.

Selain itu, kendaraan besar seperti bus yang mengangkut dan menurunkan penumpang bisa saja secara tiba tiba berganti jalur untuk menaikkan atau menurunkan penumpang.

Adapun kendaraaan besar lainnya juga memiliki kemungkinan untuk menghindari rintangan yang ada di depannya.

Terakhir, antisipasi yang perlu dilakukan saat berada di sekitar kendaraan besar adalah jangan menyalip secara tiba-tiba.

“Karena informasi yang kita dapatkan mengenai visual keadaan jalan di depan kendaraan besar sedikit, sebab pandangan kita tertutup oleh dimensi kendaraan itu,” kata Marcell.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/17/092100015/hyundai-palisade-tertimpa-kontainer-ingat-antisipasi-di-sekitar-truk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke