Toyota Kijang Super, MPV Paling Diminati pada Zamannya

Kompas.com - 15/10/2021, 15:01 WIB
Penggalan scene iklan Toyota Kijang 1986. captured via YoutubePenggalan scene iklan Toyota Kijang 1986.


JAKARTA, KOMPAS.com - Dunia otomotif di Indonesia memiliki sejarah yang cukup panjang dan berliku.

Tidak sedikit mobil legendaris yang selalu diingat dan berkesan untuk banyak orang, salah satunya adalah Toyota Kijang yang menjadi pelopor MPV dengan konfigurasi duduk 7 penumpang.

Bahkan hingga saat ini, generasi ketiga Kijang yang dimulai pada era 1980-an akhir, tepatnya diluncurkan pada 1986 dengan sebutan Kijang Super masih sesekali terlihat berkeliaran di jalan perkotaan.

Serpihan kenangan Toyota Kijang 1986 pun berseliweran di media sosial. Tayangan komersial ini cukup unik, menggambarkan betapa mobil Kijang saat itu menyasar keluarga Indonesia, juga para pebisnis yang ingin menggunakan kendaraan sebagai kendaraan operasional dengan tipe pikap.

Baca juga: Update Kabar Avanza-Xenia Baru dengan CVT dan FWD, Kapan Meluncur ?

Dalam iklan berdurasi 1 menit yang diunggah oleh akun Tiktok @ngangenin_85, terlihat mobil Kijang berkelir oranye itu masih menggunakan empat pintu, dua di depan, satu di tengah dan satu di belakang.

@ngangenin_85 #iklanjadul #toyota ? suara asli - Ngangenin_

Pada sisi interiornya pun terlihat begitu sederhana dengan jok yang menyatu tanpa konsol di bagian depan. Warna beige yang menyelimuti interior juga membuat kabin Kijang Super terlihat lebih lapang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara di baris kedua sudah dilengkapi dengan hand rest, namun belum dilengkapi sabuk pengaman karena pada saat itu belum ada aturan yang mewajibkan pabrikan untuk memasangnya.

Baca juga: Adu Irit BBM DFSK Super Cab Bermuatan Penuh

Kijang Super hadir dalam dua versi yakni sasis pendek KF40 dan sasis panjang KF50. Mobil ini menggunakan teknologi full pressed body, yang merupakan teknologi canggih pada masanya yang dapat mengurangi 2-5 kg dempul per mobil.

Saking banyak diminati konsumen otomotif pada jamannya, Kijang Generasi 3 ini berhasil mencetak sejarah pada tahun 1989 dimana terdapat peluncuran Kijang ke 200.000 unit yang bertepatan dengan produksi Toyota ke 500.000 unit.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.