Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Toyota Kijang Super, MPV Paling Diminati pada Zamannya

Tidak sedikit mobil legendaris yang selalu diingat dan berkesan untuk banyak orang, salah satunya adalah Toyota Kijang yang menjadi pelopor MPV dengan konfigurasi duduk 7 penumpang.

Bahkan hingga saat ini, generasi ketiga Kijang yang dimulai pada era 1980-an akhir, tepatnya diluncurkan pada 1986 dengan sebutan Kijang Super masih sesekali terlihat berkeliaran di jalan perkotaan.

Serpihan kenangan Toyota Kijang 1986 pun berseliweran di media sosial. Tayangan komersial ini cukup unik, menggambarkan betapa mobil Kijang saat itu menyasar keluarga Indonesia, juga para pebisnis yang ingin menggunakan kendaraan sebagai kendaraan operasional dengan tipe pikap.

Dalam iklan berdurasi 1 menit yang diunggah oleh akun Tiktok @ngangenin_85, terlihat mobil Kijang berkelir oranye itu masih menggunakan empat pintu, dua di depan, satu di tengah dan satu di belakang.

Sementara di baris kedua sudah dilengkapi dengan hand rest, namun belum dilengkapi sabuk pengaman karena pada saat itu belum ada aturan yang mewajibkan pabrikan untuk memasangnya.

Kijang Super hadir dalam dua versi yakni sasis pendek KF40 dan sasis panjang KF50. Mobil ini menggunakan teknologi full pressed body, yang merupakan teknologi canggih pada masanya yang dapat mengurangi 2-5 kg dempul per mobil.

Saking banyak diminati konsumen otomotif pada jamannya, Kijang Generasi 3 ini berhasil mencetak sejarah pada tahun 1989 dimana terdapat peluncuran Kijang ke 200.000 unit yang bertepatan dengan produksi Toyota ke 500.000 unit.

https://otomotif.kompas.com/read/2021/10/15/150100915/toyota-kijang-super-mpv-paling-diminati-pada-zamannya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke