Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Punya Bus Listrik, Simak Harga Jualnya

Kompas.com - 09/10/2021, 10:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.comBus listrik mulai berdatangan ke Indonesia. Berbagai merek dari Cina pun sudah terlihat wujudnya di jalanan Jakarta, misalnya seperti BYD, Higer, Zhongtong, Skywell, dan lain-lain.

Selan merek Cina, bus listrik juga ada yang buatan dalam negeri. Salah satunya adalah bus listrik buatan PT Mobil Anak Bangsa (MAB) yang sudah melakukan penjualan pertamanya di tahun 2019 kepada perusahaan Jepang Mitsui.

Saat ini, tersedia beberapa pilihan bus listrik buatan MAB yang mulai dipasarkan. Misalnya untuk bus kota, terdiri dari dua model, low entry dan normal floor. Begitu juga ada bus antar kota dengan panjang 12 meter.

Baca juga: Perdana, Honda BR-V Generasi Baru Sapa Warga Makassar

Bus listrik MAB yang akan dioperasikan PT Paiton Energy Bus listrik MAB yang akan dioperasikan PT Paiton Energy

Lalu berapa harga bus listrik buatan MAB ini?

Direktur PT MAB Kelik Irwantoro membeberkan rentang harga bus listrik buatannya. Untuk bus besar dengan panjang 12 meter, dihargai mulai dari Rp 4,6 miliar.

Baca juga: Honda Minta Maaf, Produksi Brio Terusik Pasokan Komponen Inden 2 Bulan

“Kita range-nya yang standar sekitar Rp 4,6 miliar sampai di atas Rp 5 miliar, sudah termasuk PPN. Mengapa bisa di atas Rp 5 miliar, karena kita bisa customized, mengikuti keinginan klien,” ucapnya di Sentul, Rabu (6/10/2021).

Sedangkan untuk yang medium bus dengan panjang 8 meter, dibanderol Rp 2,6 miliar. Biaya terseut dikatakan sudah On The Road (OTR) jadi bus bisa langsung digunakan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com