Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bus Baru PT MAB Mau Ikut Pameran di Dubai Tahun Depan

Kompas.com - 09/10/2021, 09:22 WIB
Muhammad Fathan Radityasani,
Agung Kurniawan

Tim Redaksi

BOGOR, KOMPAS.com – PT Mobil Anak Bangsa (MAB) saat ini sudah memiliki beberapa varian kendaraan listrik. Misalnya ada dua tipe bus kota, bus antar kota, minivan listrik, dan E-Motor Bike.

Beberapa waktu lalu, PT MAB melakukan penandatanganan MoU dengan Desten, produsen baterai dan sistem ultra fast charging dari Jerman. Kedua perusahaan ini akan bekerja sama untuk menciptakan berbagai inovasi.

Salah satu hasil dari kerja sama mereka adalah akan dibuatnya bus baru dari PT MAB yang sudah menggunakan baterai dan sistem pengecasan dari Desten. Bus terbaru ini dikatakan lebih efisien dibanding bus listrik yang sudah diproduksi MAB.

Baca juga: Vinales Lego Atribut Yamaha yang Masih Tersisa

Bus listrik produksi PT Mobil Anak Bangsaaa.arief Bus listrik produksi PT Mobil Anak Bangsa

Founder PT MAB Moeldoko mengatakan, PT MAB dan Desten punya target untuk mengikuti expo di Dubai, awal 2022. Jadi produk yang nantinya dipamerkan bukan bus listrik yang sudah ada saat ini yang punya kapasitas baterai 315 kWh.

“Mobil MAB ini akan kita tampilkan di sana dengan baterai dan fast charging yang terbaru, bukan yang sekarang,” ucap Moeldoko di Sentul, Rabu (6/10/2021).

Direktur Teknik PT MAB Bambang Tri Soepandji menambahkan, dengan teknologi ultra fast charging, tidak perlu bus dengan kapasitas baterai yang besar. Mengingat waktu pengecasannya yang diklaim dari 20 persen hingga 100 persen tembus kurang dari lima menit.

Baca juga: Catat, Ini 10 Lokasi di Jakarta yang Bakal Terapkan Tarif Parkir Mahal

“Kita berharap di tahun depan, pengecasan dengan ultra fast charging ini bisa lebih cepat lagi, bahkan kurang dari tiga menit. Jadi tahun depan kita trial dengan mengikuti expo di Dubai,” ucapnya.

Ongky, sapaan akrab Bambang menjelaskan, untuk bus yang nantinya ditampilkan, memakai setir di kiri dan sesuai standar eropa, baik kualitas dan suspensinya. Hal ini akan membuktikan kalau PT MAB bisa bersaing dengan karoseri bus lainnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com