Kompas.com - 08/10/2021, 16:48 WIB
|

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 direncanakan berlangsung pada 11-21 November 2021 mendatang di ICE, BSD City, Tangerang.

Perencanaan tersebut seiring dengan membaiknya kondisi pandemi Covid-19 di Indonesia beberapa waktu belakangan sehingga pemerintah terus lakukan pelonggaran pembatasan aktivitas atau PPKM.

Hanya saja, pihak penyelenggara belum bisa memastikan bahwa agenda itu bisa berlangsung meski berbagai awak media sudah menerima permohonan registrasi acara.

Baca juga: Jangan Buka Jendela Mobil Saat Dalam Kecepatan Tinggi

Suasana GIIAS 2019KOMPAS.com/Ruly Suasana GIIAS 2019

Ketua I Gaikindo Jongkie D Sugiarto mengatakan, hal tersebut karena semua kemungkinan masih terbuka, begitupun dengan kondisi pandemi. Namun ia harap semua akan baik-baik saja sampai waktunya tiba.

"Meski demikian, persiapan masih jalan terus termasuk perizinannya," kata dia saat dihubungi Kompas.com, Jumat (8/10/2021).

Adapun mengenai ketentuan protokol kesehatan bila pameran berlangsung, akan menyesuaikan dengan aturan terbaru. Satu di antaranya, pengunjung wajib sudah vaksin minimum dosis pertama dan unduh PeduliLindungi.

Sementara terkait produsen yang akan mengikuti GIIAS 2021, sementara ini belum ada perubahan dari komposisi awal.

Sebelumnya, pada Agustus lalu, Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi mengatakan pameran GIIAS tahun ini akan tetap digelar pada November meski dalam situasi PPKM pandemi Covid-19.

Baca juga: Iklan Jadul Toyota Kijang, Masih Jadi Kendaraan Niaga

Booth Mitsubishi di GIIAS 2019Kompas.com/Setyo Adi Booth Mitsubishi di GIIAS 2019

Dalam pelaksanaannya, Gaikindo akan menerapkan protokol kesehatan ketat dan mewajibkan pengunjung untuk menunjukkan sertifikat vaksin Covid-19.

"Jumlah pengunjung juga kita batasi 50 persen, sesuai keinginan pemerintah dan anjuran Kementerian Perindustrian. Sebab, prioritas utama kami ialah keselamatan dan kesehatan masyarakat," kata dia.

Pameran GIIAS 2021 sendiri sudah dua kali mengalami penundaan, sejak 12-22 Agustus 2021 ke 9-19 September 2021 lalu, imbas pandemi Covid-19 sebelum pada akhirnya ke jadwal terkini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.