Tips Memenangi Lelang Kendaraan yang Diadakan Pemerintah

Kompas.com - 01/10/2021, 11:42 WIB
Tangkapan layar pengumuman lelang mobil Mini Cooper 40 oleh Bea Cukai (lelang.go.id) lelang.go.idTangkapan layar pengumuman lelang mobil Mini Cooper 40 oleh Bea Cukai (lelang.go.id)

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah rutin menggelar lelang kendaraan bermotor secara daring melalui portal lelang.go.id. Dalam laman tersebut, bisa ditemukan berbagai kendaraan seperti mobil dan sepeda motor bekas operasional dinas, hasil rampasan kejaksaan, sitaan bea cukai, dan sebagainya.

Melalui portal tersebut, peserta yang sudah mendaftarkan diri dan menyetorkan uang jaminan bisa langsung mengikuti lelang secara daring. Penawaran pun bisa langsung diajukan tanpa perlu repot mendatangi Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) terkait.

Semua orang bisa mengikuti lelang yang diadakan di portal tersebut hanya dengan memenuhi syarat berupa kepemilikan KTP, NPWP, dan nomor rekening tabungan.

Baca juga: Video Viral Mobil Ditilang karena Bawa Sepeda di Kabin, Polisi Akui Salah dan Minta Maaf

Namun, sebagian masyarakat menilai bahwa lelang yang digelar pemerintah sulit untuk dimenangi. Dalam kesempatan di konferensi virtual beberapa waktu lalu, Direktur Lelang Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Joko Prihanto membagikan sejumlah saran.

Ilustrasi Lelang Kendaraan Dinas Pemerintah. KOMPAS/Ferganata Indra Riatmoko (DRA)
FERGANATA INDRA RIATMOKO (DRA) Ilustrasi Lelang Kendaraan Dinas Pemerintah. KOMPAS/Ferganata Indra Riatmoko (DRA)

Joko mengatakan, peserta lelang wajib paham secara detail obyek yang dilelang, baik dari model, keunggulan, maupun kisaran harganya di pasaran. Dengan modal pengetahuan tersebut, peserta bisa mempertimbangkan angka penawaran yang akan diajukan saat lelang.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Paham terhadap obyek yang akan dilelang. Kalau belum jelas, tanya ke penjual. Misal penjualnya adalah bea cukai, tanya saja ke Bea Cukai," ujar Joko.

Baca juga: Innova Nekat Terabas Banjir dengan Ketinggian Air hingga Kap Mesin

Pada setiap pengumuman lelang, pasti akan dicantumkan kontak berupa nomor telepon yang dihubungi peserta jika ingin menanyakan detail terkait lelang kendaraan bermotor yang akan diikuti.

Ia pun mengatakan, biasanya penyelenggara lelang akan menyediakan waktu aanwinzing alias jadwal penjelasan kepada peserta lelang sebelum lelang dilaksanakan. Peserta juga bisa menghubungi DJKN di nomor 150991.

Foto Harley-Davidson Electra Glide Police yang akan dilelang pemerintahKPKNL Bandar Lampung Foto Harley-Davidson Electra Glide Police yang akan dilelang pemerintah

Lantas, jika lelang yang diikuti menganut sistem closed bidding, Joko menyarankan untuk langsung mengajukan penawaran harga yang tinggi. Sebab, lelang dengan sistem closed bidding tidak mengizinkan antar peserta menunjukkan angka penawaran.

Baca juga: Ini Mobil yang Sudah Disuntik Mati tapi Masih Laris

Meski begitu, penawaran harus tetap disesuaikan dengan dana yang dimiliki. Jangan sampai abai mengenai perhitungan biaya lain seperti bea lelang sebesar 2 persen dan perbaikan yang harus dilakukan jika kendaraan yang dilelang dalam kondisi minus.

Harap diingat bahwa ketika memenangi lelang dan tidak bisa membayar harga akhir lelang yang terbentuk ditambah bea lelangnya dalam kurun waktu lima hari, peserta dianggap wanprestasi. Tentu ini akan merugikan pemenang lelang sebab uang jaminan yang disetorkan di awal tidak bisa diambil kembali.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.