Pertamina Naikkan Harga Pertamax Turbo dan Pertamina Dex

Kompas.com - 19/09/2021, 19:21 WIB
Petugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015). PT Pertamina (Persero) mulai menjual Pertalite dengan oktan 90 kepada konsumen dengan harga Rp.8400 perliter. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO KRISTIANTO PURNOMOPetugas melayani pembeli Pertalite di SPBU Abdul Muis, Jakarta Pusat, Jumat (24/7/2015). PT Pertamina (Persero) mulai menjual Pertalite dengan oktan 90 kepada konsumen dengan harga Rp.8400 perliter. KOMPAS IMAGES/KRISTIANTO PURNOMO

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pertamina (Persero) resmi menaikkan harga Pertamax Turbo dan Pertamina Dex, Minggu (19/9/2021).

Dalam keterangan resmi yang diunggah di laman Pertamina, dijelaskan bahwa kenaikan harga kedua jenis bahan bakar tersebut telah disesuaikan dengan aturan pemerintah yang berlaku.

Perubahan harga Pertamax Turbo dan Pertamina Dex ini mengacu pada Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM Nomor 62 K/12/MEM/2020 tentang Formula Harga Dasar Dalam Perhitungan Harga Jual Eceran Jenis Bahan Bakar Minyak Umum Jenis Bensin dan Minyak Solar yang Disalurkan Melalui Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Baca juga: Honda BR-V Terbaru Siap Meluncur, Ada 5 Varian, Ini Bocoran Harganya

"PT Pertamina (Persero) melakukan penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) Umum dalam rangka mengimplementasikan Keputusan Menteri (Kepmen) ESDM No. 62 K/12/MEM/2020," tulis Pertamina dalam keterangan resminya, Minggu (19/9/2021).

Pertamax Turbo dan Dexlite resmi di luncurkan di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (13/04/2017).KOMPAS.com/ ERNA DWI LIDIAWATI Pertamax Turbo dan Dexlite resmi di luncurkan di Kota Palu, Sulawesi Tengah, Rabu (13/04/2017).

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Usai mengalami kenaikan, harga Pertamax Turbo dan Pertamina Dex menjadi berbeda-beda di setiap daerah.

Untuk Pertamax Turbo yang harga awalnya Rp 9.850 per liter kini naik jadi Rp 12.300 per liter di daerah Aceh, DKI Jakarta, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTT, dan NTB. Selain daerah tersebut, harga Pertamax Turbo naik pada kisaran Rp 12.500-12.700 per liter.

Baca juga: Duduk Perkara Mobil Listrik Ricky Elson Gagal Uji Emisi, Ini Faktanya

Lantas untuk Pertamina Dex, harga awal Rp 10.200 naik jadi Rp 11.150 di daerah yang telah disebutkan di atas. Selain daerah tersebut, harga Pertamina Dex naik pada rentang Rp 11.350-11.550.

Sementara untuk produk bahan bakar minyak (BBM) lainnya dari Pertamina seperti Pertamax, Pertalite, dan Dexlite tidak ada perubahan harga.

Untuk informasi lebih rinci mengenai harga terbaru BBM Pertamina di tiap daerah, daftar harganya dapat diakses pada laman berikut ini.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.